eprintid: 14312 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/43/12 datestamp: 2022-06-02 08:35:18 lastmod: 2022-06-27 07:35:12 status_changed: 2022-06-02 08:35:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prakoso, Indriady creators_name: Hidayatullah, Syarif creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Korelasi Antara Self Efficacy Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MAN 6 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan kemampuan menulis cerpen siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MAN 6 Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 28 siswa kelas XI IPA 3. Instrumen yang digunakan tes dan non tes. Instrumen tes dengan memberi tugas menulis cerpen kepada siswa, sedangkan instrumen non tes yang digunakan angket terkait self efficacy. Data yang dianalisis pertama dilakukan pengujian normalitas untuk mengetahui apakah populasi berdistribusi normal atau tidak. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana dan teknik korelasi sederhana yakni product moment correlation. Hasil penghitungan hipotesis diperoleh koefisien korelasi (r) = 0,491, karena nilai (r) positif sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara self efficacy dengan keterampilan menulis cerpen. Hubungan antara self efficacy dengan kemampuan menulis cerpen dengan uji t. Karena nilai thitung = 2,874 dan ttabel = 1,71 dengan level signifikan 0,95 atau α = 0,05, peneliti membuktikan bahwa artinya ada korelasi yang signifikan antara self efficacy dengan kemampuan menulis cerpen. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Menulis Dalam Gamitan Pendidikan Karakter. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1). https://doi.org/10.17509/eh.v4i1.2823 Akhadiah, S. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. Alpian, M., & Suryaman, M. (2016). Pengaruh Motivasi, Keyakinan Diri, Dan Persepsi Siswa Terhadap Apresiasi Karya Sastra Siswa SMP. LingTera, 3(1), 60. https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8663 Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press. Ardiyanti, D., & Alsa, A. (2015). Pelatihan " PLANS " untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 1(1), 1–17. Arikunto, S. (2013). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Dewi, A. M. S. (2019). Majalah Dinding Sebagai Implementasi Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Yang Mengikuti Ektrakurikuler Jurnalistik Di SMPN 4 Singaraja. Jurnal IKA, 17(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853 Fitriyani, D. (2015). Penguasaan Kalimat Efektif Dan Penguasaan Diksi Dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Pada Siswa SMP. Jurnal Pesona, 1(2), 129–139. Gamayanti, W., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. PSYMPATHIC Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282 Handayani, F. (2013). “Hubungan Self-Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi.” Character, 1(2), 1–5. Hikmat Ade, S. N. H. S. (2016). Teori Sastra Pengantar Teori Kesustraan Indonesia. Jakarta: UHAMKA Press. Huda, M. (2014). Model Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mansyur, U. (2010). Pemanfaatan Nilai Kejujuran Dalam Cerpen Sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Umar. Jurnal Sastra Universitas Muslim Indonesia. Mustikowati, D., Wijayanti, E., & Darmanto, J. (2016). Meningkatkan Semangat Membaca Dan Menulis Siswa Sekolah Dasar Dengan Permainan Kata Bersambut. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 39. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.5 Nurgiyantoro, B. (2008). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: FEB UGM. Nurjanah, E. (2006). Pengembangan E-Bookinteraktif Pada Materi Menyimak Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Pangkalan Bun Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Kumai. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3, 388–397. Nursito, S., & Nugroho, A. J. S. (2013). Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Wirausaha. Kiat Bisnis, 5(3), 148–158. Oktaria, D., Andayani, & Saddhono, K. (2017). Penguasaan Kalimat Efektif Sebagai Kunci Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi (The Mastery of Effective Sentences as the Key to Improve Exposition Writing Skill). Metalingua, 15(2), 165--177. Ormroad. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang. Jakarta: Erlangga. Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “Self Efficacy” dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 103. https://doi.org/10.29313/mimbar.v28i1.344 Puspitasari. (2017). Kemampuan Menulis Cerpen ( Studi Korelasional Pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta ). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 249–258. Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan Dan Peneliti Pemulua. Bandung: Aalfabeta. Robins, S. P. (2013). Organizational Behavior. New York: Prentice Hill. Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun. Anida, 40(2), 110–117. Retrieved from https://scholar.google.co.id Setiarini, Y. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Instrinsik Pada Cerpen Melalui Media Audiovisual. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(4), 57–61. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta. Sukardi. (2012). Pembelajaran Menulis. Jakarta: UHAMKA Press. Suyatno. (2011). Cerdas Membaca. Jakarta: UHAMKA Press. Tangkeallo, Purbojo, & Sitorus. (2014). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Orientasi Masa Depan Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(Juni), 25–32. Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897 Utari, A., & Senen, S. H. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi Volume, 2(1), 1–9. Retrieved from http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility Wulandari, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII Di SMK Negeri Surabaya. Fakultas Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang Surabaya, 1(1), 1–20. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/viewFile/1902/5311 Yulisna. (2017). Kontribusi Kemampuan Memahami Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Jurnal Gramatika (Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2, 72–83. Zahn, F., Schäffer, A., & Fröning, H. (2018). Evaluating energy-saving strategies on torus, k-Ary n-Tree, and dragonfly. Proceedings - 2018 IEEE 4th International Workshop on High-Performance Interconnection Networks in the Exascale and Big-Data Era, HiPINEB 2018, 2018-Janua, 16–23. https://doi.org/10.1109/HiPINEB.2018.00011 citation: Prakoso, Indriady dan Hidayatullah, Syarif (2020) Korelasi Antara Self Efficacy Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MAN 6 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14312/1/FKIP_PBSI_1601045086_INDRIADY%20PRAKOSO.pdf