eprintid: 14310 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/10 datestamp: 2022-06-02 08:35:16 lastmod: 2022-06-17 04:01:27 status_changed: 2022-06-02 08:35:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadilah, Hidayatul creators_name: Marsinun, Rahmiwati creators_id: rahmiwatimarsinun@gmail.com title: Hubungan Self Esteem dengan Self Efficacy Siswa di SMP Terbuka Kramat Jati ispublished: pub subjects: HM divisions: 86201 abstract: SMP Terbuka merupakan pendidikan alternatif yang dirancang pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada siswa kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan. Status sosial ekonomi siswa merupakan salah satu faktor pembentuk self esteem. Siswa SMP Terbuka umumnya berasal dari keluarga kurang mampu sehingga memiliki tingkat self esteem yang rendah. Selain self esteem, tingkat self efficacy individu juga berperan dalam meningkatkan kualitas individu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan hubungan self esteem dengan self efficacy siswa di SMP Terbuka Kramat Jati. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif korelatif dengan populasi berjumlah 130 siswa yang terdiri dari siswa kelas 7, 8, 9. Jumlah sampel yaitu 88 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen berupa skala yang telah diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan melakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan diperoleh hasil data berdistribusi normal, uji linearitas, dan uji linearitas regresi sederhana. Uji hipotesis yang digunakan adalah product moment pearson. Berdasarkan hasil perhitungan uji product moment pearson diperoleh (0,000 < 0,005) yang berarti terdapat hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan hubungan self esteem dengan self efficacy memiliki hubungan kuat ke arah positif dengan menghasilkan nilai koefisien korelasi positif sebesar 0.730** artinya semakin tinggi tingkat self esteem maka akan semakin tinggi self efficacy yang dimiliki siswa. Variabel self esteem memberikan kontribusi sebesar 53,2 % terhadap self efficacy dan sisanya 46,8% dipengaruhi oleh factor-faktor lain. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adawiyah, A., Sulfasyah., Arifin, J. 2016. Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja. Vol.4 No. 2 November 2016. Alwisol. 2015. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta. Arthur S. R & Emily S. R. 2010. Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bandura, A. (1997). SELF-EFFICACY: The Exercise of Control. New York: W. H Freeman and Company. Branden, Nathaniel. 1995. The Six Pillars of Self Esteem. New York: Bantam Books. Branden, Nathaniel. 1992. The Power of Self Esteem. Florida: HCI. Coopersmith, Stanley. (1967). The Antecedent of Self Esteem. San Fransisco. W. H. Freeman and Company. Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Feist, J & Feist, G.J. 2013. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika. Gandaputra, A. (2009). Gambaran self esteem remaja yang tinggal di panti asuhan. Jurnal Psikologi, 7(2), 52–70. Gufron, M. Nur dan S Rini Risnawati. 2012. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Permana, Hara & Harahap, Farida. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa. Vol. 13, No. 1. 1 Desember 2016. Hidayat, Dede Rahmat. 2015. Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Mruk, Christopher J. 2006. Self Esteem Research, Theory, and Practice. New York: Springer Publishing Company. Pada, U., Kelas, S., Di, I. X., Al, M. T. S., & Brebes, H. (2016). Hubungan Antara Efikasi …, 13(1), 51–68. 71 Permendikbud No. 72 Tahun 2013. Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Layanan Khusus. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan. Jakarta. Refnadi. 2018. Konsep Self Esteem Serta Implikasinya Pada Siswa. Vol. 4 No. 1. hal 16-22 Rosenberg, Morris. 1965. Society and The Adolescent Self-Image. New Jersey: Princeton University Press. Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Prenada Media Group. Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta Syahputri, A,. & Ekomila, S,. (2020) Sekolah Menengah Pertama Terbuka Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Bagi Masyarakat di Kota Binjai. Vol.2, 1 Juni 2020, hal 14-19. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia, (online), (http://sumberdayaristekdikti.go.id), diakses pada 15 Agustus 2020. Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Wibowo, S. B., & Metro, U. M. (2016). BENARKAH SELF ESTEEM MEMPENGARUHI PRESTASI AKADEMIK (May). https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3846 Widodo, A. S. & Pratitis, N. T. (2013). Harga Doro Dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua. Vol.2, No. 2, hal 131-138 citation: Fadilah, Hidayatul dan Marsinun, Rahmiwati (2020) Hubungan Self Esteem dengan Self Efficacy Siswa di SMP Terbuka Kramat Jati. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14310/1/FKIP_BK_1601015022_HIDAYATUL%20FADILAH.pdf