%X SMP Terbuka merupakan pendidikan alternatif yang dirancang pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada siswa kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan. Status sosial ekonomi siswa merupakan salah satu faktor pembentuk self esteem. Siswa SMP Terbuka umumnya berasal dari keluarga kurang mampu sehingga memiliki tingkat self esteem yang rendah. Selain self esteem, tingkat self efficacy individu juga berperan dalam meningkatkan kualitas individu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan hubungan self esteem dengan self efficacy siswa di SMP Terbuka Kramat Jati. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif korelatif dengan populasi berjumlah 130 siswa yang terdiri dari siswa kelas 7, 8, 9. Jumlah sampel yaitu 88 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen berupa skala yang telah diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan melakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan diperoleh hasil data berdistribusi normal, uji linearitas, dan uji linearitas regresi sederhana. Uji hipotesis yang digunakan adalah product moment pearson. Berdasarkan hasil perhitungan uji product moment pearson diperoleh (0,000 < 0,005) yang berarti terdapat hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan hubungan self esteem dengan self efficacy memiliki hubungan kuat ke arah positif dengan menghasilkan nilai koefisien korelasi positif sebesar 0.730** artinya semakin tinggi tingkat self esteem maka akan semakin tinggi self efficacy yang dimiliki siswa. Variabel self esteem memberikan kontribusi sebesar 53,2 % terhadap self efficacy dan sisanya 46,8% dipengaruhi oleh factor-faktor lain. %L repository14310 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %D 2020 %A Hidayatul Fadilah %A Rahmiwati Marsinun %T Hubungan Self Esteem dengan Self Efficacy Siswa di SMP Terbuka Kramat Jati