eprintid: 14307 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/43/07 datestamp: 2022-06-02 08:35:02 lastmod: 2022-06-28 07:10:19 status_changed: 2022-06-02 08:35:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Salamah, Ismi creators_name: Safii, Imam creators_id: imamsafii2077@uhamka.ac.id title: Telaah Instrumen Evaluasi pada Buku Sekolah Elektronik bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019/2020 ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian secara mendalam serta mendeskripsikan data yang berkaitan dengan Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan” untuk SMP/MTs kelas IX terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditelaah berdasarkan tingkatkesesuaian instrumen evaluasi membaca dan menulis dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan insrumen penilaian yang terdapat pada lampiran Permendikbud No. 58 Tahun 2014 mengenai kompetensi dasar untuk kelas IX. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: jumlah kesesuaian isntrumen evaluasi membaca dengan KD pada kurikulum 2013, yaitu: (1) teks eksemplum 85,71% (2) teks tanggapan kritis 65,45% (3) teks tantangan 73,03% dan (4) teks rekaman percobaan 62,38. Sedangkan jumlah kesesuaian instrumen evaluasi menulis dengan KD pada kurikulum 2013 yaitu: (1) teks eksemplum 47,82% (2) teks tanggapan kritis 34,55% (3) teks tantangan 38,20% dan (4) teks rekaman percobaan 27,52%. Berdasarkan penelitian, Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan” untuk SMP/MTs kelas IXcukup layak digunakan sebagai sumber pembelajaran utama di sekolah/lembaga pendidikan lainnya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43-43. Anam, A., & Suyata, P. (2014). Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan, 2(1), 12-23. Ardiyanta, A. S., Sudjimat, D. A., & Partono, P. (2012). Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik Sebagai Bahan Ajar Guru Program Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan, 35(2). Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88. Asrul, dkk. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media. Astuti, C. W. (2017). Sikap Hidup Masyarakat Jawa dalam Cerpen-Cerpen Karya Kuntowijoyo. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 1(1), 64-71. Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250-262. Baadilla, Irwan. (2019). Kesesuaian Materi Pada Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X dengan Kurikulum 2013. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 11-19. Farida, Ida. 2017. Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Hasnita, S. S., Sundarso, S., & Santoso, S. (2013). Evaluasi Program Buku Sekolah Elektronik (Bse) Kementerian Pendididkan Nasional Tingkat SMA Di Kota Semarang (Studi Pada SMA Negeri 9 Semarang). Journal of Public Policy and Management Review, 3(1), 46-55. Iswara, P. D. (2016). Pengembangan materi ajar dan evaluasi pada keterampilan mendengarkan dan membaca. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 89-97. Kasupardi, Endang dan Supriatna. (2010). Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan. Khairunnisa, F., & Mayrita, H. (2019). Evaluasi komponen kelayakan isi buku ajar bahasa indonesia: Kesesuaian materi dengan kurikulum. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 408-416. Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01), 36-39. Machali, I. (2014). Dimensi Kecerdasan Majemuk Dalam Kurikulum 2013. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 21-45. Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71-94. Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish. Mumpuni, Atikah. 2018. Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish. Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penelitian, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 Pasal 1 tentang Buku Teks Pelajaran. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca melalui teka-teki silang (Penelitian tindakan di kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Puitika, 11(1), 82-93. Putra, N. A. (2011). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4). Putra, Nusa. (2013). Penelitian Kualitatif IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rahmawati, G. (2015). Buku teks pelajaran sebagai sumber belajar siswa di perpustakaan sekolah di SMAN 3 bandung. Edulib, 5(1). Rukajat, Ajat. 2018. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang kompetensi Wahyu, L. M. N. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(1), 38-43. Yunus, Hamzah dan Alam Heldy, V. 2015. perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta : Deepublish. Zabadi, Sutedjo. Fairul. (2015). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. citation: Salamah, Ismi dan Safii, Imam (2020) Telaah Instrumen Evaluasi pada Buku Sekolah Elektronik bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14307/1/FKIP_PBSI_1601045077_ISMI%20SALAMAH.pdf