eprintid: 14306 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/06 datestamp: 2022-06-02 08:35:00 lastmod: 2022-06-17 03:56:15 status_changed: 2022-06-02 08:35:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afriyantara, M. Anugrah creators_name: Marsinun, Rahmiwati creators_id: rahmiwatimarsinun@gmail.com title: Perbedaan Keterampilan Sosial Antara Siswa Aktif dan Tidak Aktif dalam Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Pada Kelas VIII di SMP Negeri 3 Masbagik Kabupaten Lombok Timur ispublished: pub subjects: L1 divisions: 86201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial antara siswa aktif dan tidak aktif dalam Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 3 Masbagik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis komparasi atau perbandingan. Subyek penelitian adalah siswa aktif dan tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 3 Masbagik yang berjumlah 30 orang siswa aktif dan 30 orang siswa tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala keterampilan sosial. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Person, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa aktif dan tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 3 Masbagik. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,775 > 2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Perbedaan keterampilan sosial juga terlihat dari hasil perhitungan nilai mean keterampilan sosial pada siswa aktif dalam ekstrakurikuler PMR sebesar 132,80 sedangkan nilai mean keterampilan sosial pada siswa tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR sebesar 121,27. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, S. (2013). Sikap Manusia. Pustaka Pelajar. Book, S. J. S. & H. (2000). The EQ Edge : Emotional Intelligence and Your Succes. Budiarto, A. (2016). Perbedaan Keterampilan Sosial Antara Siswa Aktif dan Pasif Dalam Organisasi Kesiswaan di SMP NEGERI 2 BINANGUN. (June). Byrne, R. A. B. & D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga. Dewanti, T., Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dan Penggunaan Gadget Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 126–131. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p126 El Iq Bali, M. M. (2017). Model Interaksi Sosial Dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik, 04(02), 211–277. Elksnin, L. (2006). Teaching Social-emotional Skills at Schoool and Home. Elly Sukmawati, D. (2017). Pengaruh Keterlibatan Siswa Dalam Kegiatan Palang Merah Remaja Terhadap Pembentukan Keterampilan Sosial. 1(4), 53. Izzati, N. (2017). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. III(1), 87–100. Retrieved from https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/viewFile/417/368 Lewinsohn, L. &. (1973). Concept of Social Skill with Special Reference to the Behavior of Depressed Person. Journal of Consulting and Clinical Pshycology. Mahfurianto, R. (2018). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pmr Dan Kedisiplinan Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Smkn 1 Geneng Tahun Pelajaran 2014/2015. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 408. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i1.1097 Makhfudho, I. (2018). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Dalam Mnumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa SMA NEGERI 1 MALANG. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Milburn, C. &. (1980). Teaching Social Skills to Children and Youth. 65 Mize, J & Pettite, G. (1997). Mother’s Social Choaching, Mother-Child Relationship Style, and Childdren’s Peer Competence : Is the Medium the Messege ? Child Development. Narmoatmojo, W. (2010). Ekstrakurikuler di Sekolah: Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya. Makalah, 1–26. Retrieved from https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/32066761/Makalah-Ekskul-di-Sekolah.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1541783377&Signature=AjyCGh%2BKOQehSNXmRZRDvvXqTX4%3D&response-content-disposition=inline%3B filename%3DEkstrakurikuler_di_S Octama, R. (2017). Pengaruh Intensitas Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa. (1), 1–14. Parke, H. &. (1993). Child Pshycology, A Contemporary Viewpoint. Prahesty, R., & Suwanda, I. (2016). Peran Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Dalam Membentuk Sikap Tolong Menolong Siswa Di Smpn 5 Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(4), 201–215. Rachmah, H. (2018). Teori dan Praktik: Berpikir Sosial & Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta. Riduwan. (2013). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Sugiyono, P. D. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Wikipedia. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 Tahun 2008. Yusuf, M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif & Penelitian Gabungan. citation: Afriyantara, M. Anugrah dan Marsinun, Rahmiwati (2020) Perbedaan Keterampilan Sosial Antara Siswa Aktif dan Tidak Aktif dalam Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Pada Kelas VIII di SMP Negeri 3 Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14306/1/FKIP_BK_1601015014_M.%20ANUGRAH%20AFRIYANTARA.pdf