%A M. Anugrah Afriyantara %A Rahmiwati Marsinun %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial antara siswa aktif dan tidak aktif dalam Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 3 Masbagik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis komparasi atau perbandingan. Subyek penelitian adalah siswa aktif dan tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 3 Masbagik yang berjumlah 30 orang siswa aktif dan 30 orang siswa tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala keterampilan sosial. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Person, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa aktif dan tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 3 Masbagik. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,775 > 2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Perbedaan keterampilan sosial juga terlihat dari hasil perhitungan nilai mean keterampilan sosial pada siswa aktif dalam ekstrakurikuler PMR sebesar 132,80 sedangkan nilai mean keterampilan sosial pada siswa tidak aktif dalam ekstrakurikuler PMR sebesar 121,27. %L repository14306 %D 2020 %T Perbedaan Keterampilan Sosial Antara Siswa Aktif dan Tidak Aktif dalam Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Pada Kelas VIII di SMP Negeri 3 Masbagik Kabupaten Lombok Timur