%I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %L repository14305 %X Latar belakang permasalahan dalam layanan pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus, guru mengalami hambatan dalam mengidentifikasi, membuat model pembelajaran, juga menyusun kurikulum. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran tentang layanan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SMPN 106 Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menekankan deskriptif hasil data keseluruhan yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian layanan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran belum terlaksana secara maksimal. Perencanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus dilakukan menggunakan asesmen pada saat penerimaan peserta didik baru mengenai kesulitan dan kemampuan dalam pembelajaran yang dialami. Pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus menggunakan sistem kelas reguler yaitu anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak normal. Evaluasi pembelajaran dengan menerapkan ujian semester yang belum sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Kesimpulan penelitian dalam layanan pembelajaran terhadap anak berkebutuhan khusus di SMPN 106 Jakarta belum sesuai harapan, karena kemampuan guru dan fasilitas sekolah belum dapat memenuhi anak berkebutuhan khusus untuk belajar secara optimal. %A Ummu Nabilah %A Titik Haryati %D 2020 %T Layanan Pendidikan Inklusif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di SMPN 106 Jakarta