eprintid: 14300 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/00 datestamp: 2022-06-02 08:34:49 lastmod: 2022-06-17 04:32:53 status_changed: 2022-06-02 08:34:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mutia, Rifani creators_name: Fitniwilis, Fitniwilis creators_id: fitniwilis@uhamka.ac.id title: Tingkat Motivasi Belajar Peserta Didik Dimasa Covid-19 (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Bina Dharma) ispublished: pub subjects: L1 divisions: 86201 abstract: Motivasi merupakan suatu hal penting dalam aktivitas belajar, tanpa motivasi peserta didik sulit melaksanakan kegiatan belajar dengan baik. Pada masa Covid-19 proses pembelajaran di sekolah untuk sementara dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pada pelaksanaannya banyak peserta didik yang tidak mengikuti proses pembelajaraan jarak jauh, tidak semua peserta didik memiliki kemampuan yang setara dalam memahami pelajaran. Banyak peserta didik kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan pada saat PJJ terutama bagi peserta didik yang tidak memiliki fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan mendeskripsikan tingkat motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Bina Dharma selama masa Covid-19. metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif metode survey. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan 4 pilihan alternative jawaban. Hasil validitas dalam penelitian ini adalah 0,235 dari 33 item pernyataan 25 item diantaranya valid dan 8 item tidak valid, reliabilitas dalam penelitian ini adalah 0,786 dan termasuk kedalam kategori tinggi. Subyek penelitian ialah peserta didik kelas VIII SMP Bina Dharma Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase (%). Untuk memperjelas proses analisis maka dilakukan pengkategorian menggunakan mean dan Standar Deviasi. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Bina Dharma dimasa Covid-19 tergolong pada tingkatan motivasi belajar sedang, mengacu deskripsi data hasil penelitian yaitu Terdapat 9 peserta didik (12.5%), 56 peserta didik (77.8%) yang memiliki tingkat motivasi belajar sedang dan 7 peserta didik (9,7%) yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A.M, Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press Azwar, Saifuddin. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Adhetyacahyani,dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 3 . no. 01 2020.7Agustus2020.https://journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/download/57/47 Bahri, Djamarah Syaiful. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta Burhan, Nurgiyantoro. (2009). Penilaian Pengajaran Bahasa.Yogyakarta:BPFE Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya. Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara. Kompri.(2019). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Kountur, Ronny. (2003) Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta : Teruna Grafika. Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Siregar, Eveline & Nara, Hartini. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Galia Indonesia. Suryabrata, Sumadi. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta. 59 Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Siyoto, Sandu., & Sodik, Ali. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung citation: Mutia, Rifani dan Fitniwilis, Fitniwilis (2020) Tingkat Motivasi Belajar Peserta Didik Dimasa Covid-19 (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Bina Dharma). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14300/1/FKIP_BK_1601015011_RIFANI%20MUTIA.pdf