eprintid: 14297 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/42/97 datestamp: 2022-06-02 08:34:41 lastmod: 2022-06-17 04:42:30 status_changed: 2022-06-02 08:34:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Nita Novia creators_name: Nurmawati, Nurmawati title: Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Pembelajaran Daring Fase Pandemi Covid-19 Siswa Kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta ispublished: pub subjects: L1 divisions: 86201 abstract: Latar Belakang dari penelitian ini adalah karena fenomena pandemi yang mengaharuskan pelajar untuk diserempakkan belajar secara online atau menggunakan metode daring, sehingga penulis ingin melihat apakah motivasi belajar yang mereka miliki juga akan terpengaruh dari adanya pembelajaran melalui daring. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi pada siswa SMK Negeri 58 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Pearson Product Moment sebanyak 68 soal pilihan ganda dengan 52 soal valid dan 16 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach memperoleh alfa cronbach sebesar 0,780 > 0,060 pada variable X dan 0,912 > 0,060 pada variable Y dan hasilnya dikatakan reliabel, lalu data dianalisis uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,767 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Pada uji linearitas diuji menggunakan uji linearitas Cronbach Alpha dan mendapatkan hasil nilai Sig. deviation from linearity sebesar 0.476 > 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linear antara motivasi belajar dengan pembelajaran daring. Pada uji hipotesis menggunakan uji Regresi Linear Sederhana ditemukan hasil nilai thitung sebesar 7.120 > ttabel 2.2937, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Motivasi Belajar (X) berpengaruh terhadap variable daring (Y). Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, kedua variable ini sangat berpengaruh satu sama lain, di mana motivasi belajar siswa akan semakin tinggi jika pembelajaran daringnya bisa dilakukan secara optimal oleh guru dan siswa, interaksi antara guru dan siswa harus dapat dirasakan satu sama lain seperti halnya belajar offline, sebab ketidakpahaman materi yang dirasakan siswa akan berdampak pada minat belajar siswa itu sendiri. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adhetya Cahyani, I. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring . Jurnal Pendidikan Islam, 123-140. Aliya, H. (2020, Mei 13). Ketahui Dampak Corona bagi Dunia Pendidikan Indonesia dan Mancanegara. Retrieved from glints.com: https://glints.com/id/lowongan/dampak-corona-bagi-pendidikan/#.X6Nkt2gzbcc Choiroh, N. (2020, Juni 23). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/ daring Dalam Pandangan Siswa. Retrieved from iain-surakarta.ac.id: https://iain-surakarta.ac.id/%EF%BB%BFefektifitas-pembelajaran-berbasis-daring-daring-dalam-pandangan-siswa/ Hermansyah, F. (2020, Juli 13). Pendidikan anak: Hampir 10 juta anak 'berisiko putus sekolah permanen' akibat pandemi Covid-19, kata badan amal. Retrieved from www.bbc.com: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-53385718 Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT. Remaja Rosdakarya. Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT. Rosda Karya. Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penerbit Alfabeta. Prodjo, W. A. (2020, Juni 16). Pembelajaran Jarak Jauh bukan Pembelajaran Daring, Ini Penjelasannya. Retrieved November 24, 2020, from kompas.com: https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/16/200131471/pembelajaran-jarak-jauh-bukan-pembelajaran-daring-ini-penjelasannya Purwanto, M. N. (2007). Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. 74 Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Rajawali Pers. Sardiman. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: C.V. Rajawali. Sembel, R. (2008). The daring Question and Answer Book. Septumarsa Ibrahim, D. dan S. P. S. (2014). Pengaruh Penggunaan daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66–79. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645 Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Suartama, I. K. (2019). Daring : Konsep dan Aplikasinya. November. Sulisworo, D. dan S. P. A. (2017). Dampak Pembelajaran daring terhadap Motivasi pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indonesia, 9(1), 1–7. Suryabrata, S. (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali. Yamin, M. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa . Jakarta: GP Press. Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss. citation: Pratiwi, Nita Novia dan Nurmawati, Nurmawati (2020) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Pembelajaran Daring Fase Pandemi Covid-19 Siswa Kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14297/1/FKIP_BK_1601015008_NITHA%20NOVIA%20PRATIWI.pdf