eprintid: 14293 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/42/93 datestamp: 2022-06-02 08:34:31 lastmod: 2022-06-17 04:01:09 status_changed: 2022-06-02 08:34:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dwiyanti, Dwiyanti creators_name: Marsinun, Rahmiwati creators_id: rahmiwatimarsinun@gmail.com title: Hubungan Self Efficacy dengan Perilaku Menyontek Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 FKIP UHAMKA ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat self efficacy Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 FKIP UHAMKA .(2) Tingkat perilaku menyontek Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 FKIP UHAMKA. (3) Hubungan antara self efficacy dengan perilaku menyontek Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 FKIP UHAMKA. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan assosiatif. Sampel penelitian ini yaitu Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 FKIP UHAMKA, Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan perhitungan ukuran sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael populasi berjumlah 155 Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 FKIP UHAMKA serta sampel sebanyak 111 Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 FKIP UHAMKA. Metode pengumpulan data menggunakan skala self efficacy dan skala perilaku menyontek. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Diperoleh nilai alpha cronbach pada variabel self efficacy yaitu 0,977 sedangkan variabel perilaku menyontek sebesar 0,973 maka dapat disimpulkan bahwa data reliabel karena nilai cronbach alpha lebih besar dari 0,60. Uji normalitas menggunakan teknik Kolmogorov smirnov, kemudian dilakukan uji linearitas dan Uji linearitas regresi sederhana. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Tingkat self efficacy Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 FKIP UHAMKA yaitu 7 Mahasiswa memiliki tingkat self efficacy rendah, 20 Mahasiswa memiliki tingkat self efficacy sedang, 34 Mahasiswa memiliki tingkat self efficacy tinggi, dan 50 Mahasiswa memiliki tingkat self efficacy sangat tinggi. (2) Tingkat perilaku menyontek Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 UHAMKA yaitu 60 Mahasiswa memiliki tingkat perilaku menyontek sangat rendah, 23 Mahasiswa memiliki tingkat perilaku menyontek rendah, 18 Mahasiswa memiliki tingkat perilaku menyontek sedang, 10 Mahasiswa memiliki perilaku menyontek tinggi. (3) Terdapat hubungan negatif antara self efficacy dengan perilaku menyontek artinya semakin tinggi self efficacy maka semakin rendah perilaku menyontek dan diketahui nilai koefisien korelasi sebesar -0,413** serta nilai signifikansi kedua variabel 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus Abdul Rahman.2013.Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada. Amir Kholid, M. K. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Self Efficacy Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Anderman, E. M., Murdock, T. B., City, K., Anderman, E. M., Anderman, L., Berliner, D. C., … Golant, C. J. (2007). Psychology of Academic Cheating. Newy York. Arikunto Suharsimi.1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. Arikunto Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, Saifuddin.2019.Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bandura, A. (1997). Albert_Bandura-Self-Efficacy_The_Exercis.pdf. Newy York. Burhan Nurgiyantoro, Gunawan, dan Marzuki. (2015). Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Gufron.2012.Teori-Teori Psikologi Pendidikan.Jogjakarta:Ar-ruzz Media. Hartanto Dody. (2012). Menyontek dan Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta: Indeks. Indrawan Rully dan Yaniwati Poppy.2016.Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran.Bandung: PT Refika Aditama. Jess dan Gregory J Fest.2013.Teori Kepribadian Theories of Personality Edisi 7.Jakarta:Salemba Humanika. Juliansyah Noor.2011.Metodologi Penelitian.Jakarta:Kencana Prenada Media Group. 76 King, Laura A.2010.Psikologi Umum, sebuah pandangan Apresiatif. Penerjemah: Brian Marwensdy. Jakarta: Salemba Humanika. Nanang Martono.2010.Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder.Jakarta:PT Raja Grafindo. Nurmayasari, K., Murusdi, H., Psikologi, F., Ahmad, U., Yogyakarta, D., Positif, B., & Menyontek, P. (2015). Hubungan Antara Berpikir Positif Dan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas X Smk Koperasi Yogyakarta. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 8–15. Permana, H., Farida, H., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX Di Mts Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68. Rahmawati, Martono, T., & Harini. (2015). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Orientasi Tujuan Belajar Siswa SMA/MA Di Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, (November), 1–10. Retrieved from http://snpe.fkip.uns.ac.id Sarwono Jonathan.2015.Rumus-Rumus Populer dalam SPSS 22 Riset Skripsi.Yogyakarta:Andi Offset. Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono.2016.Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujarweni V Wiratna.2015.SPSS Untuk Penelitian.Yogyakarta:Pustaka Baru Press. Sukardi. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara. Supardi.2016.Aplikasi Statistika Dalam Penelitian.Jakarta:Change Publication. Susanto Haris, A. (2018). Hubungan Kepribadian Ihsan Dan Tekanan Akademik Dengan Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Di Universitas X 77 Di Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. UU RI. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi (pp. 1–97). pp. 1–97. Wibowo.2013.Perilaku dalam Organisasi. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada. Yuli, F. (2019). Perilaku menyontek: Persepsi terhadap iklim sekolah dengan ketidakjujuran akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 1–131 citation: Dwiyanti, Dwiyanti dan Marsinun, Rahmiwati (2020) Hubungan Self Efficacy dengan Perilaku Menyontek Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019 FKIP UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14293/1/FKIP_BK_1601015002_DWIYANTI.pdf