eprintid: 14291 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/42/91 datestamp: 2022-06-02 08:34:25 lastmod: 2022-06-17 04:18:25 status_changed: 2022-06-02 08:34:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kahfiari, Ulfa Nurul creators_name: Heriyani, Eka creators_name: Nuraini, Nuraini title: Efektivitas Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial siswa (Studi Siswa MTs Muhammadiyah 01 Depok) ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya perilaku prososial siswa di MTs Muhammadiyah 01 depok seperti kurangnya rasa kepedulian dan kepekaan terhadap orang lain, kurangya rasa empati, kurangnya rasa tolong menolong. Jika hal tersebut dibiarkan tanpa adanya bimbingan untuk para siswa maka dapat menimbulkan masalah yang tidak hanya terjadi pada saat itu tetapi juga di masa mendatang. Maka dari itu peneliti memberikan layanan informasi dalam bentuk klasikal untuk melihat apakah layanan informasi ini efektif diberikan guna melihat peningkatan perilaku prososial, dan hasil penelitian membuktikan bahwa efektif pemberian layanan informasi tetapi tidak terlalu besar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa MTs Muhammadiyah 01 Depok Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen dengan rancangan One Grup pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik Paired Sampel T-test atau Uji T Berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi efektif untuk meningkatkan perilaku prososial siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis nitai thitung lebih besar dari ttabel (6,99 > 1,67) dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Hal ini menunujukkan bahwa layanan informasi dalam bentuk klasikal ini efektiv diberikan guna meningkatkan perilaku prososial siswa di MTs Muhammadiyah 01 Depok. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Asih, G., Margaretha. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, 1. (1). 33-42. Ardi, Z., Ibrahim, Said. (2012). Capaian Tugas Perkembangan Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya dan Implikasinya Terhadap Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor 1. (1). 1-8 Brahim, Theresia., Kusmajid, Najib. (2015). Penelitian Ilmiah Pengertian, Penerapan, dan Pengetahuan Tambahan. Jakarta Barat: Suara GKYE Peduli Bangsa. Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press. Fitri, E., Neviyarni, Ifdil. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 2. (2). 84-92. Fajrianty, Wahyuni. (2014). Kompetensi Siswa Dalam Membuat Jurnal Umum dan Memposting Buku Besar di SMA Negri 6. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntan FKIP Untan. Hidayati, A. (2017). Layanan Informasi Belajar Berbasis Multimedia. In Ifdil & Krishnawati Naniek (Eds.), International Conference: 1st ASEAN School Counselor Conference on Inovation and Creativity in Counseling (pp. 151-161). Yogyakarta: IBKS Publishing. Irwan, S., Thamrin, Budayawan. (2016). Kontribusi Partisipasi Aktif Siswa dan Fasilitas Praktikum Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel (TKB) Kelas X Jurusan Teknik AudioVideo di SMK Negeri 1 BATIPUH. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 4(1). 53-61. Kusumaningrum, Elza., & Dewi, K. (2016). Perbedaan Perilaku Prososial dan Self Awareness Terhadap Nilai Budaya Lokal Jawa di Tinjau dari Jenis Kelamin Pada Siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Jurnal Ilmiah Counsellia, 6. (2). 17-30. Lestari, D., & Partini. (2015). Hubungan Antara Penalaran Moral Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja. Jurnal Indigenous, 13. (2). 41-46. 62 Martin, Maulana, Hidayati. (2018). Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(1).16-21. Matondang, Zulkifli. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Intrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6. (1). 87-97. Prayitno, H., & Amti, E. (2013). Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Putra, U., & Rustika. (2015). Hubungan Perilaku Menolong dengan Konsep Diri Pada Remaja Akhir yang Menjadi Anggota Tim Bantuan Medis Janar Duta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psokologi Udayana, 2. (2). 198-205. Restiyawan, A.A.(2016). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Terhadap Keberanian Bank Mini di Program Studi Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2). Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah; Konsep, Teori, Dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group. Sunaryati, T., & Arfa. (2017). Studi Eksperimen Pelatihan Advance Search Pada Portal Jurnal Emerald insight Bagi Kemampuan Penelusuran Informasi Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2017 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponogoro. Siregar, Syofian. (2015). Statistik Parametri untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Bumi Aksara. Sulinda. (2012). Pengaruh Cooperative Learning Teknik STAD Terhadap Hasil Belajar kelas IV SDN Rasau Jaya. PGSD FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak. Taruyi. (2015). Upaya Meningkatkan Empati Melalui Layanan Informasi Dengan Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Penleitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 1(3). 65-70. Yanti, O., Zaini, Suryadi (2016). Pelaksanaan Layanan Informasi Oleh Guru BK Dalam Menciptakan Disiplin Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMAN 2 Sijunjung. Program Studi Bimbingan dan Konseling Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatra Barat. Wulandari, T., Dharmayana, Afriyanti. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(2). 77-85. citation: Kahfiari, Ulfa Nurul dan Heriyani, Eka dan Nuraini, Nuraini (2020) Efektivitas Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial siswa (Studi Siswa MTs Muhammadiyah 01 Depok). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14291/1/FKIP_BK_1501015141_ULFA%20NURUL%20KAHFIARI.pdf