eprintid: 14285 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/42/85 datestamp: 2022-06-02 08:34:19 lastmod: 2022-06-17 06:33:32 status_changed: 2022-06-02 08:34:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmadini, Amalia Tri creators_name: Marsinun, Rahmiwati creators_name: Dasalinda, Dwi creators_id: rahmiwatimarsinun@gmail.com title: Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kemandirian Belajar (Siswa Kelas V SDS Plus Hang Tuah 7 Ciangsana Gunungputri Bogor) ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatar belakangi mengenai hubungan dukungan sosial keluarga dengan kemandirian belajar siswa Kelas V SDS Plus Hang Tuah 7. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur bentuk hubungan yang positif dan negatif Dukungan sosial keluarga dan kemandirian siswa Kelas V di SDS Plus Hang Tuah 7. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas V SDS Plus Hang Tuah 7 Ciangsana Gunungputri Bogor. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Non-Probability Sampling dengan teknik Total Sampling atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala yang di sebarkan oleh peneliti untuk responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dalam Hubungan dukungan sosial keluarga dengan kemandirian siswa. Hipotesis penelitian membuktikan bahwa diperoleh t hitung > t tabel yaitu 0,9933 > 0,244, maka dapat disimpulkan 98% Tingkat Kemandirian Belajar Siswa (Variabel Y) berhubungan dengan Dukungan Sosial Keluarga (Variabel X). Kesimpulan membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan yang positif dalam Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kemandirian Belajar Siswa kelas V SDS Plus Hang Tuah 7 Ciangsana Gunungputri Bogor. Kemandirian siswa dalam belajar sangat penting untuk kelangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Saran pada penelitian ini hendaknya dukungan sosial keluarga dapat ditingkatkan lagi dengan cara memberikan dukungan emosional, informasi, materi dengan baik pada anak agar dapat mempertahankan kemandirian belajar. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abu Bakar, Z., Kamaruddin I.M & Yang M.T, (2006).Hubungan Antara Minat Pelajar dan Sikap Ibu Bapa Dengan Prestasi Matematik Terbaik Pelajar.Journal Of Educational Psychology And Counseling. Vol 1, 25-43. Ahmad Santoso. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta. Prenadamedia Group Ahmadi, A & Rohani, A. 2006. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta. Ahmadi & Saleh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta ; Rineka Cipta. A. King, Laura. 2010. Psikologi Umum Sebuah pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika. Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosudur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Bagja Waluya. 2007. Sosiologi. Bandung. Setia Purna Benjamin. H. Gottleb. 2010. Social Support Concepts and measures. Journal of Psychosomatic Research 69 Bill Mayer dkk, 2008. Independent Learning Literature Review, United Kingdom: Departement for Children. School and Families Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. 2009. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Diana Mutiah.2010. Psikologi Bermain Anak. Jakarta. Kencana Dwi Istiyani. 2009. Kesadaran Dan Self-Directed Learning Sebagai Model Pembelajaran Alternatif Dalam Era Neoliberalisme. Sumber:http://e- journal.stain pekalongan.ac.id/index.php/Forta/article/download/257/. Haris Mudjiman. 2007. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press Hurlock, EB. 1991. Psikologi Praktis anak remaja dan keluarga. Jakarta: PT, Bpk Gunung Mulia Lestari. Psikologi Keluarga. 2012. Jakarta: Prenadamedia Group Leach,Linda. 2000. Self-Directed Learning . Thesis At The University OfTechnology Sydney.sumber:http://epress.lib.uts.edu.au./research/bitstream/handle/2100/11 91/02wh ole.pdf?sequence=2 Mary Daly. 2015. Family and Parenting Support. United Nations Children’s Fund (UNICEF) UNICEF Office of Research – Innocenti M. Padli. 2007. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta. Sukses Offset Pratistya Nor Aini. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Diambil dari sumber :http://eprints.uny.ac.id/7993/3/bab%202%20- %2009403247007.pdf. S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2010. Jakarta: Rineka Cipta 89 Singgih D. Gunarsa. 1995. Psikolog Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia. Sugiyono. Statistika untuk Penelitian.2016. Bandung: Alfabeta VanBriesen, Jeanne M. 2010. Self-Directed Learning.Journal : Carnegie MellonUniversity. Sumber :http://www.nae.edu/File.aspx?id=37803. Vembrito. 1993. Sosiologi Pendidikan. Jakarta. Gramedia citation: Rahmadini, Amalia Tri dan Marsinun, Rahmiwati dan Dasalinda, Dwi (2019) Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kemandirian Belajar (Siswa Kelas V SDS Plus Hang Tuah 7 Ciangsana Gunungputri Bogor). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14285/1/FKIP_BK_1501015149_AMALIA%20TRI%20RAHMADINI.pdf