eprintid: 14282 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/42/82 datestamp: 2022-06-02 08:33:59 lastmod: 2022-06-17 04:24:09 status_changed: 2022-06-02 08:33:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mudzjalifah, Aulia creators_name: Asni, Asni creators_name: Heriyani, Eka creators_id: asni@uhamka.ac.id title: Perbedaan Perilaku Prososial Peserta Didik IPA dan IPS di MAN 2 Kota Bekasi ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Permasalahan peserta didik IPA dan IPS belum memahami dan menerapkan perilaku prososial baik kepada diri sendiri ataupun kepada lingkungan sekitar. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku prososial antara peserta didik IPA dan IPS, serta memperoleh gambaran perilaku prososial peserta didik IPA dan IPS di MAN 2 Kota Bekasi. Metode penelitian kuantitatif Komparatif, dengan teknik pengambilan sampel Proposional Random Sampling. Data penelitian ini diuji cobakan menggunakan uji validitas, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha croncbach diperoleh hasil Rhitung = 0,6 > Rtabel = 0,6. Data penelitian ini dianalisa dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji Homogenitas. Uji normalitas menggunakan perhitungan Liliefors yang diperoleh nilai sebesar sig 0,200 > 0,05 dimana semuanya lebih dari 0,05 sehingga data dikatakan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan, hasil uji homogenitas berdasarkan output diketahui nilai sig Test of Homogeneity of Variances diketahui nilai sig 0,477 > 0,05, maka disimpulkan bahwa varians data Perilaku prososial pada siswa kelas IPA dan IPS adalah sama atau homogen sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata perilaku prososial kedua kelas tersebut sama secara signifikan. Dengan demikian analisis uji beda T test harus menggunakan Equal variances assumed. Dari input SPSS 2.4 terlihat bahwa nilai T pada Equal variances assumed adalah 98 dengan probabilitas signifikan 0,245. Jadi dapat disimpulkan bahwa perilaku prososial kelompok IPA dan IPS tidak memiliki perbedaan yang signifikan. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan (Vol. 5). Jakarta: ERLANGGA. Isnaria, R., & Eko, S. (2018). Perbedaan Keterampilan Belajar Antara Siswa IPA dan IPS. Jurnal Pendidikan, 8. Hidayat, Komaruddin., & Khoiruddin, B. (2016). Psikologi Sosial AKU, KAMI DAN KITA. Jakarta: ERLANGGA. Rahman, Agus. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo. Hambali, Adang. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: CV PUSTAKA SETIA Dayakisni, dan Hudaniah. (2015). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press. Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: RAJAWAI PERS. Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara. Kusdiwelirawan, A. (2014). STATISTIKA PENDIDIKAN. Jakarta : UHAMKA PRESS Arikunto, Suharsimi. (2010). PROSEDUR PENELITIAN. Jakarta : PT RINEKA CIPTA Hadi, Sutrisno. (2017). STATISTIK. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR Martono, Nanang. (2010). STATISTIK SOSIAL. Yogyakarta : GAVA MEDIA Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Kencana Asih, G. (2010). Perilau Prososial Ditinjau Dari Empati dan Kematangan Emosi, 1, 35. citation: Mudzjalifah, Aulia dan Asni, Asni dan Heriyani, Eka (2019) Perbedaan Perilaku Prososial Peserta Didik IPA dan IPS di MAN 2 Kota Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14282/1/FKIP_BK_1501015018_AULIA%20MUDZJALIFAH.pdf