TY - THES PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14282/ AV - public N2 - Permasalahan peserta didik IPA dan IPS belum memahami dan menerapkan perilaku prososial baik kepada diri sendiri ataupun kepada lingkungan sekitar. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku prososial antara peserta didik IPA dan IPS, serta memperoleh gambaran perilaku prososial peserta didik IPA dan IPS di MAN 2 Kota Bekasi. Metode penelitian kuantitatif Komparatif, dengan teknik pengambilan sampel Proposional Random Sampling. Data penelitian ini diuji cobakan menggunakan uji validitas, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha croncbach diperoleh hasil Rhitung = 0,6 > Rtabel = 0,6. Data penelitian ini dianalisa dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji Homogenitas. Uji normalitas menggunakan perhitungan Liliefors yang diperoleh nilai sebesar sig 0,200 > 0,05 dimana semuanya lebih dari 0,05 sehingga data dikatakan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan, hasil uji homogenitas berdasarkan output diketahui nilai sig Test of Homogeneity of Variances diketahui nilai sig 0,477 > 0,05, maka disimpulkan bahwa varians data Perilaku prososial pada siswa kelas IPA dan IPS adalah sama atau homogen sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata perilaku prososial kedua kelas tersebut sama secara signifikan. Dengan demikian analisis uji beda T test harus menggunakan Equal variances assumed. Dari input SPSS 2.4 terlihat bahwa nilai T pada Equal variances assumed adalah 98 dengan probabilitas signifikan 0,245. Jadi dapat disimpulkan bahwa perilaku prososial kelompok IPA dan IPS tidak memiliki perbedaan yang signifikan. A1 - Mudzjalifah, Aulia A1 - Asni, Asni A1 - Heriyani, Eka M1 - bachelor ID - repository14282 TI - Perbedaan Perilaku Prososial Peserta Didik IPA dan IPS di MAN 2 Kota Bekasi Y1 - 2019/// ER -