eprintid: 14278 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/42/78 datestamp: 2022-06-02 08:33:54 lastmod: 2022-06-17 04:22:42 status_changed: 2022-06-02 08:33:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mirdal, Alva creators_name: Nofriza, Fatma creators_name: Sagita, Dony Darma title: Efektivitas Layanan Klasikal dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 209 Jakarta Timur ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik yang kurang percaya diri dalam belajar yang ditunjukkan dengan tidak berani mengungkapkan pendapat kepada guru, tidak berperan aktif dalam kelompok, dan adanya siswa yang grogi ketika tampil dalam kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan klasikal dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah 210 peserta didik. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif tentang peningkatan kepercayaan diri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan klasikal dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, hal ini dilihat dari hasil analisis nitai thitung lebih besar dari ttabel (2,47 > 2,335) dengan taraf signifikansi 0,01. Hal ini menunujukkan bahwa layanan klasikal dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amin, N Zakki. 2017. Porfolio Teknik-Teknik Konseling. Hal-5&8. Pada tanggal 26 Mei. Ashrianti, Alsa & Suprihatin. 2006. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik Pada SLB-D YPAC Semarang. Hal-2&3. Pada tanggal 26 Mei. Asrullah Syam & Amri. 2017. PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) BERBASIS KADERISASI IMM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE). Hal-92. Pada tanggal 26 Mei. Brahim, Kusmajid, dan Najib. Penelitian Ilmiah: Pengertian, Penerapan dan Pengetahuan Tambahan, Cet.2, Jakarta: Suara GKYE Peduli Bangsa. Dewi Nur Fatimah. 2017. LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Hal-28. Pada tanggal 16 Juni. Erford. 2017. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor, Cet. 2, Jogjakarta: Pustaka Pelajar. Gerald Corey, Rose Herlina (Ed). 2003. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama. Ghufron Nur M., dan Rini Risnawati. 2017. Teori-Teori Psikologi, Cet, 2, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara. Hamonangan, Haries Ronald. 2016. Metodologi Pembelajaran, Cet. 2, Banten: Penerbit Inspirasi. Kadir. 2016. Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Ed. 2, Cet. 3, Jakarta: Rajawali Pers. Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Komalasari, Gantina., Eka Wahyuni., dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks. Lindenfield, Lilian (Ed.). 1997. Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan. Mardalis. 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Muslikah. (2012). Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa melalui Layanan Penguasaan Kontek dengan Teknik Modeling Simbolik. Indonesia Joournal of Guidance and Counseling: Theory and Application (Volume 1 Nomer 1). Pada tanggal 19 Oktober. Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistika, Cet. 14, Bandung: ALFABETA. Suciati. 2005. Pekerti Mengajar di Perguruan Tinggi. Buku 1.07. Taksonomi Tujuan Intruksional. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cet. 11, Bandung: ALFABETA. Syaifullah, Ach. 2010. Tips Bisa Percaya Diri, Cet. 1, Jogjakarta: Garailmu. Syofian, Siregar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: KENCANA. Triyono, Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Pribadi. Jogjakarta: Paramitra Publishing. Yusuf Syamsu, dan Juntika Nurihsan. 2014. Landasan Bimbingan dan Konseling, Cet. 8, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group. citation: Mirdal, Alva dan Nofriza, Fatma dan Sagita, Dony Darma (2019) Efektivitas Layanan Klasikal dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 209 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14278/1/FKIP_BK_1501015007_ALVA%20MIRDAL.pdf