eprintid: 1424 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1598 dir: disk0/00/00/14/24 datestamp: 2020-08-11 08:09:59 lastmod: 2020-08-11 08:09:59 status_changed: 2020-08-11 08:09:59 type: article metadata_visibility: show creators_name: Miatun, Asih creators_name: Khusna, Hikmatul creators_id: Asihmiatun@uhamka.ac.id creators_id: hikmatulhusna@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-5521-3068 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/AUT contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/AUT contributors_name: Miatun, Asih contributors_name: Khusna, Hikmatul contributors_id: Asihmiatun@uhamka.ac.id contributors_id: hikmatulhusna@uhamka.ac.id corp_creators: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA corp_creators: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA title: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS ispublished: pub subjects: 1 divisions: fac_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan kemampuan disposisi matematis mahasiswa calon guru khususnya pada mata kuliah geometri. Penelitan ini dirasa penting karena tuntutan keterampilan matematika abad 21 yaitu, kreativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana data utama pada penelitian ini adalah hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket kemampuan disposisi, dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa dengan kemampuan disposisi matematis tinggi, sedang, rendah yang selanjutnya diberikan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Peneliti melakukan wawancara terkait hasil tes dan melakukan triangulasi waktu untuk melihat kekonsistenan jawaban dari subyek penelitian. Hasil penelitian ini menggambarkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan disposisi berkriteria tinggi sudah baik dengan menguasai indikator kemampuan berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan sebagian dari indikator mengatur strategi dan taktik. Sedangkan untuk mahasiswa dengan disposisi berkriteria sedang dan rendah hanya menguasai sebagian indikator yang kelima yaitu indikator mengatur strategi dan taktik. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa date: 2020-06-28 date_type: published publisher: AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika official_url: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika full_text_status: public publication: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS volume: 9 number: 2 pagerange: 269-278 refereed: TRUE issn: 2089-8703 (Print) , 2442-5419 (Online) related_url_url: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2703 related_url_type: pub referencetext: Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., & Permanawati, F. I. (2019). Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 337–342. https://journal.unnes.ac.id/sju/inde x.php/prisma/article/download/28948/12660/ Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., & Rochmad. (2016). Analysis of Mathematics Critical Thinking Students in Junior High School Based on Cognitive Style. Journal of Physics: Conference Series, 755(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001 Almerino, Jr., P. M., Etcuban, J. O., De Jose, C. G., & Almerino, J. G. F. (2019). Students’ Affective Belief as the Component in Mathematical Disposition. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 475–487. https://doi.org/10.29333/iejme/5750 ATC21S. (2010). Assesment & Teaching of 21st Century Skills Status Report as of January 2010. ATCs21s, 1–4. https://www.cisco.com/c/dam/en_u s/about/citizenship/socioeconomic/docs/ATC21S_Exec_Su mmary.pdf Chikiwa, C., & Schäfer, M. (2018). Promoting critical thinking in multilingual mathematics classes through questioning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(8). https://doi.org/10.29333/ejmste/91832 Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 3(5), 18–25. https://doi.org/10.9790/7388-0351825 Fitrianna, A. Y., Dinia, S., Mayasari, M., & Nurhafifah, A. Y. (2018). Mathematical Representation Ability of Senior High School Students: An Evaluation from Students’ Mathematical Disposition. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 46. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5872 Kadarsono, M., Suyitno, H., & Waluya, B. (2018). Mathematical CriticalThinking Ability of Students in CTL Learning Based on Cognitive Style. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(2), 1–7. Kusaeri, & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about Critical Thinking among Indonesian mathematics pre-service teachers. International Journal of Instruction, 12(1), 573–590. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12137a Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan Representasi Dan Disposisi Matematis Siswa Terhadap Peningkatan Mathematical Power. JIPMat, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i 1.1089 Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Dwidayati, N. (2019). The effect of mathematical disposition on mathematical power formation: Review of dispositional mental functions. International Journal of Instruction, 12(1), 343–356. Instruction, 12(1), 343–356. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1 2123a Murtiyasa, B. (2016). Isu-Isu Kunci Dan Tren Penelitian Pendidikan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–10. Nurfitriyanti, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 2(1), 84–93. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i1.1726 Susanti, E., & Arista, A. (2019). Analisa Tingkat Pengetahuan Guru terhadap Kompetensi 4C. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), September, 73–78. http://ejournal.upbatam.ac.id/index .php/prosiding/article/view/1509 Trisnowali, A. (2015). Profil Disposisi Matematis Siswa Pemenang Olimpiade Pada Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3), 47–57. https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1826 Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 28–39. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.28-39 Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56–65. https://doi.org/10.22460/infinity.v5 i1.193 citation: Miatun, Asih dan Khusna, Hikmatul (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS. KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS, 9 (2). pp. 269-278. ISSN 2089-8703 (Print) , 2442-5419 (Online) document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1424/1/3%20jurnal%20aksioma.pdf document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1424/2/2703