eprintid: 14230 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/42/30 datestamp: 2022-05-07 02:35:08 lastmod: 2022-06-27 07:21:16 status_changed: 2022-05-07 02:35:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmansyah, Fahrizaldi creators_name: Jupri, Abdul Rahman creators_id: aldi.fahri@gmail.com creators_id: abdulrahmanjupri@uhamka.ac.id title: Nilai Moral dalam Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan moral yang terdapat dalam Novel Orang-Orang Biasa dan memberikan pembelajaran lebih jelas tentang pencitraan (pengimajian) dalam karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan nilai Pendidikan moral yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa. Peneliti mengumpulkan datanya dengan menganalisisnya berdasarkan nilai-nilai Pendidikan moral yang diteliti, yaitu nilai: Jujur, Berani, Bersifat Benar, Sabar, Kasih Sayang, Kuat, Sanggup Menepati Janji dan Adil. Kemudian mengklasifikasikannya ke dalam tabel analisis. Setelah itu menjelaskan ke dalam bentuk uraian, lalu memberi kesimpulan. Berdasarkan data penelitian dan hasil analisis, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata, diperoleh 35 nilai moral yang terdiri dari nilai aspek jujur 5 kutipan, aspek berani 5 kutipan, bersifat benar 5 kutipan, sabar 5 kutipan, kasih sayang 5 kutipan, aspek kuat 5 kutipan, sanggup menepati janji 4 kutipan, adil 1 kutipan. Andrea Hirata merupakan seorang Sastrawan yang cukup terkenal di Indonesia. Andrea Hirata seorang selalu bekerja keras dan mengembangkan potensi agar menjadi orang yang mandiri dan dapat diandalkan di mana saja dan kapan saja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kesusastraan bagi pembelajaran Sastra di SMA. Pesan yang terkandung di dalam Novel Orang-Orang Biasa juga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk menjadi orang yang selalu bekerja keras dan mengembangkan potensi diri untuk menggapai apa yang dicita-citakan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullah, Y. (2006) Pengantar Studi Etika. Defsika Beti Utami, R. A. (2017) ‘An Analysis Of Moral Values In Burnett’s Little Lord Faunt Leroy Novel’, 3, p. 29. Endraswara, S. (2013) Sosiologi Sastra. Esten, M. (2013) Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Gunawan, I. (2013) Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Ibrahim, N. (2014) Perencanaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Ismawati, E. (2013) Pengajaran Sastra. Kosasih, E. (2012) Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Kosasih, E. (2012) Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Kosasih, E. (2012) Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Moleong, L. J. (2017) Metodelogi Penelitian Kualitatif. Moleong, L. J. (2017) Metodologi Penelitian Kualitatif. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Nurgiyantoro, B. (2015) Teori Pengkajian Fiksi. Priyatni, E. T. (2010) Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Pujiharto (2012) Pengantar Teori Fiksi. Purba, A. (2010) Sastra Indonesia Kontemporer, Sastra Indonesia. Rohman, E. & S. (2015) Teori dan Pengajaran Sastra. Salam, B. (2000a) Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral. Salam, B. (2000b) Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral. Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Suharto, S. (2002) Kritik Sastra Feminis. Suharto, S. (2002) Krtitik Sastra Feminis. Sutardi, H. K. (2012) Penulisan Sastra Kreatif. Zuriah, N. (2007) Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Prespektif Perubahan. citation: Rahmansyah, Fahrizaldi dan Jupri, Abdul Rahman (2020) Nilai Moral dalam Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14230/1/FKIP_PBSI_1601045083_FAHRIZALDI%20RAHMANSYAH.pdf