%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan moral yang terdapat dalam Novel Orang-Orang Biasa dan memberikan pembelajaran lebih jelas tentang pencitraan (pengimajian) dalam karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan nilai Pendidikan moral yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa. Peneliti mengumpulkan datanya dengan menganalisisnya berdasarkan nilai-nilai Pendidikan moral yang diteliti, yaitu nilai: Jujur, Berani, Bersifat Benar, Sabar, Kasih Sayang, Kuat, Sanggup Menepati Janji dan Adil. Kemudian mengklasifikasikannya ke dalam tabel analisis. Setelah itu menjelaskan ke dalam bentuk uraian, lalu memberi kesimpulan. Berdasarkan data penelitian dan hasil analisis, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata, diperoleh 35 nilai moral yang terdiri dari nilai aspek jujur 5 kutipan, aspek berani 5 kutipan, bersifat benar 5 kutipan, sabar 5 kutipan, kasih sayang 5 kutipan, aspek kuat 5 kutipan, sanggup menepati janji 4 kutipan, adil 1 kutipan. Andrea Hirata merupakan seorang Sastrawan yang cukup terkenal di Indonesia. Andrea Hirata seorang selalu bekerja keras dan mengembangkan potensi agar menjadi orang yang mandiri dan dapat diandalkan di mana saja dan kapan saja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kesusastraan bagi pembelajaran Sastra di SMA. Pesan yang terkandung di dalam Novel Orang-Orang Biasa juga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk menjadi orang yang selalu bekerja keras dan mengembangkan potensi diri untuk menggapai apa yang dicita-citakan. %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %A Fahrizaldi Rahmansyah %A Abdul Rahman Jupri %T Nilai Moral dalam Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA %L repository14230 %D 2020