TY - JOUR PB - Jurnal Riset Pendidikan Matematika UR - https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm JF - Profil kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive EP - 164 A1 - Miatun, Asih A1 - Nurafni, Nurafni AV - public VL - 6 SP - 150 IS - 2 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah openended ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru pada Program Studi Pendidikan matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu. Data dianalisis menggunakan metode perbandingan tetap (constant comparative method) dengan langkah (1) reduksi data dan kategorisasi, (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif matematis, mahasiswa dengan gaya kognitif reflective mampu memenuhi aspek kelancaran dan keterincian, yaitu menjawab soal dengan lebih lancar, mampu menjelaskan hubungan sebab akibat antar konsep yang digunakan, serta lebih rinci dan runtut dalam menjawab dan menjelaskan jawaban tertulisnya, dibandingkan dengan mahasiswa dengan gaya kognitif impulsive. Indikator aspek keluwesan dan kebaruan masih belum bisa terpenuhi karena mahasiswa dengan gaya kognitif reflective dan impulsive baru mampu menjawab pertanyaan menggunakan satu cara saja dan belum menggunakan strategi baru. Y1 - 2019/12/20/ TI - Profil kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive ID - repository1423 SN - 2356-2684 (print), 2477-1503 (online) ER -