eprintid: 14225 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/25 datestamp: 2022-05-07 02:34:56 lastmod: 2022-06-17 04:37:12 status_changed: 2022-05-07 02:34:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sholihat, Dinda Amalia Putri creators_name: Kowiyah, Kowiyah creators_id: dinda.amaliaaps@gmail.com creators_id: kowiyah_agil@uhamka.ac.id title: Pengaruh Strategi Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN Srengseng Sawah 01 Pagi Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Ice Breaking terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SDN Srengseng Sawah 01 Pagi Jakarta Selatan pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang diaplikasikan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yaitu siswa kelas IV A yang jumlahnya 29 sebagai kelas kontrol dan kelas IV B yang jumlahnya 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel yang diterapkan ialah teknik sampel jenuh. Pada uji validitas dengan menerapkan Product Moment, ada sebanyak 10 essay dengan 8 soal valid dan 2 soal invalid. Sementara uji reliabilitas menerapkan rumus rxy dan didapati rhitung 0,870 > rtabel 0,444. Oleh karenanya, data ini mempunyai instrument yang reliabel. Data pada analisis Uji Persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menerapkan Uji Liliefors. Pada kelas eksperimen diperoleh Lo 0,1129 < Ltabel 0,159, sementara pada kelas kontrol diperoleh Lo 0,15 < Ltabel 0,163. Kesimpulannya, data berdistribusi normal. Di samping itu, uji homogenitas mengaplikasikan uji Fisher dan didapati Fhitung 1,13 < Ftabel 1,89 di mana taraf sigifikajsinya yaitu α = 0,05 dengan dk pembilang 29 dan dk penyebut 31. Karena Fhitung < Ftabel, maka data varians kelompok tersebut berdistribusi homogen. Selanjutnya, Uji Hipotesis menerapkan uji-t dan diperoleh thitung = 35,4559 > ttabel = 2,0021 pada taraf signifikasi α = 0,05. Kesimpulannya, dari data kedua kelas tersebut, H0 ditolak dan H1 diterima, yakni terdapat pengaruh signifikan antara kelas yang mengaplikasikan strategi pembelajaran Ice Breaking dan yang tidak menggunakannya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aditya, F. G., & Usman, A. (2018). Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP BINA HARAPAN BANGSA. 10(10). https://doi.org/10.XXXXX/jpmi.vXiX.XX-XX Aini, S. N., & Sudira, P. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbangkertasusila. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 88. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6077 Amri, R. F., & Ratnawuri, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (Sppkb)Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaansiswa Kelas Xi Semester Genap Smk Muhammadiyah 2 Metro T.P 2015/2016. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(1), 46–54. https://doi.org/10.24127/ja.v4i1.475 Andar, A., & Ikman, I. (2016). Deskripsi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal ujian semester matematika siswa kelas VIII SMP negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika,4(2),15–28. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3061/2298 Anggraeni, N. E. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENDEKATAN PADA PESERTA DIDIK AGAR TERCAPAINYA TUJUAN PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),689–1699.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Ardiansyah, A. (2018). Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar. Alfarisi, 1(1), 1–8. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/2886 Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (8 Septembe). PT Remaja Rosdakarya. Astuti, A., & Leonard. (2015). Peran Kamampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Superlattices and Microstructures, 9(1), 31–33. https://doi.org/10.1016/0749-6036(91)90087-8 Denta, B. R. S. (2016). PENERAPAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DI SMKN 3 WONOSARI. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, IV, 4–12. Dharmayanti, L., Munandar, I. A., & Mugara, R. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. 02(06), 240–244. Fatwal, H., Ahmad, A., & Prasasti, A. A. I. (2016). Studi Komparasi Penggunaan Ice Breaking dan Brain Gym Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP NEGERI 21 MAKASSAR (Vol. 4, Issue 2). Ferdinal, L. (2018). Ice Breaking for Teacher. Shafira Tama Edukasi. Feri, Y., & Sutriyono. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Segitiga Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22. Fitri, E., & Sari, P. (2017). Pengaruh K Emampuan P Emahaman K Onsep M Atematika. Jurnal “Mosharafa”, 6(2), 25–34. Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165 Hanafy, M. S. (2017). Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran Dan Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Madani Paopao Kabupaten Gowa. Al-Kalam, IX(2), 125–140. Hendratni. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Miniatur Rumah Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Universitas PGRI Yogyakarta, 1. Irfan, A. A. (2016). Meningkatkan Daya Serap Siswa Pada Pembelajaran Geometri Menggunakan Ice Breaking. Jurnal Riset Pendidikan, 2(1). Karunia, E. P., & Mulyono. (2016). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII berdasarkan gaya belajar dalam model knisley. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 339. https://doi.org/10.1016/j.ijmecsci.2014.08.026 Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292 Mutian, S. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. Abbas (eds.)). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat 2020. Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.1063/1.4944618 Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1(2), 929–930. Priyambodo, S. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan metode pembelajaran Personalized System of Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 10–17. https://www.neliti.com/id/publications/226719/peningkatan-kemampuan-pemahaman-konsep-matematis-siswa-dengan-metode-pembelajara Rostina, S. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta. Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73. Sugiyanto, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Volume 20, Nomor 2 Desember 2019, 20, 94–103. Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian (27th ed.). Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan (Vol. 3, Issue 1). https://jbasic.org/index.php/basicedu Wurjani, D., & Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 Indahnya Persahabatan SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 68–78. Yaumil, F. H., Jery, N. A., Kusuma, D. D., Nur, F. O., & Anik, L. (2019). Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Audio Visual di KB Labschool UN PGRI Kediri. Penguatan Pendidikan & Kebudayaan Untuk Menyongsong Society, 5.0, 447–453. citation: Sholihat, Dinda Amalia Putri dan Kowiyah, Kowiyah (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN Srengseng Sawah 01 Pagi Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14225/1/FKIP_PGSD_1601025083_DINDA%20AMALIA.pdf