eprintid: 14222 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/22 datestamp: 2022-05-07 02:34:52 lastmod: 2022-06-17 04:34:16 status_changed: 2022-05-07 02:34:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Novitasari, Intan Wahyu creators_name: Ermawaty, Imas Ratna creators_id: intanwahyunovitasari@gmail.com title: Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Lubang Buaya 06 Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model Picture and Picture di SDN Lubang Buaya 06 Jakarta pada semester 1 tahun pelajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian penelitian Post-test Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah Sample Jenuh Kelas VA ditetukan sebagai eksperimen dengan jumlah 30 siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture dan Kelas VB ditentukan sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 31 siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Ekspositori. Instrumen penelitian sebelumnya diuji cobakan terlebih dahulu dan dihitung dengan uji validitas data dengan menggunakan korelasi Point Biserial sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan 35 soal valid dan 15 soal drop atau tidak valid. Pada uji reliabilitas data dengan menggunakan rumus KR-20 diperoleh hasil rhitung = 0,04 > 1,84, maka data tersebut memiliki instrument yang reliable. Selanjutnya, instrument digunakan sebagai alat post-test setelah kedua kelas diberi perlakuan. Data dianalisis dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh hasil pada kelas eksperimen Lhitung = 0.1421 < 0.1610 = Ltabel, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh hasil Lhitung = 0.1340 < 0.8860 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher atau uji-F diperoleh Fhitung = 1,35 < 1,85 = Ftabel artinya kondisi kedua kelompok kelas tersebut berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 0,43 dengan ttabel = 2,333 pada α atau taraf signifikansi 0,05 (dua pihak) dengan dk = 59, maka dengan demikian H0, ditolak dan dilanjutkan ke daerah penerimaan H1, sehingga kesimpulannya, terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Picture and Picture di SDN Lubang Buaya 06 Jakarta date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Muhammad Anwar, 2017. Filsafat Pendidikan Jakarta: Prenada Media, Halaman 20 Muhammad Anwar, 2017. Filsafat Pendidikan Jakarta: Prenada Media, Halaman 24 Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea 4 Pupuh Fathurroman & Sobry Sutikno 2010 : Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: PT. Refika Aditama Halaman 5 Ibid Pupuh Fathurroman & Sobry Sutikno 2010 : Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: PT. Refika Aditama Halaman 5 Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhnya, Jakarta : Rineka Cipta. Daftar Hadir SDN Lubang Buaya 06 Pagi Tahun Ajaran 2019-2020. Faisal, Sanapiah: Penelitian Kuantitatif, Dasar dan Aplikasi; Y A3 Malang, 1990 Arikunto, Suharmisi, 1990, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara Arikunto Suharmisi, 1998, Penilaian Program Pendidikan, Jakarta: Depdikbud. Arikunto, Suharmi.1990. PenelitianProgram Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Arifin, Zaenal. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia . 2014. Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi aksara Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta Bahri, Syaiful. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta Daftar Nilai SDN Kembangan Utara 01 Jakarta Barat Tahun ajaran 2019/2020. Daryanto dkk, 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif,Yogjakarta: GavaMedia Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Fathurrohman, Pupuh & Sobry Sutikno 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hamruni, 2012, Stratgi Pembelajaran, Yogyakarta, Insan Madani. Kusdiweliriawan, Acep. 2014. Statistika Pendidikan. Jakarta: UHAMKA Press Muttaqien, Raisul. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar,Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. Alfabeta. Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta Siregar, Evelin dkk, 2010. Teori Belajar dan Pengajaran, Bogor: Ghalia Indonesia. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. Sodiq, Mochammad, 2014, Ilmu Kealaman Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group. Sudjana, Anas, 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo , 2014. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar,Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, CV. Suprijono, Agus, 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: PustakaPelajar) Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya. Widi, Asih Wisudawati dan Eka Sulistyowati, 2015. Metodologi Pembelajaran IPA, (Jakarta: Bumi Aksara). Wisudawati & Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara. http://repository.uin-suska.ac.id/2449/3/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/6859/15/BAB%20II.pdf https://www.asikbelajar.com/penentuan-metode-dan-instrumen-penelitian-menurut-arikunto/ http://sarjana13.blogspot.com/2018/05/pengertian-populasi-populasi-target.html http://repository.unpas.ac.id/12864/5/BAB%20II.pdf Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Penerbit CV Alfabeta, 2002. Budiningsih, Astri C. (2005). Belajar dan Pembelajara. Jakarta Rhineka Cipta. https://eprints.uny.ac.id/8665/4/BAB%205%20-%2005401241022.pdf citation: Novitasari, Intan Wahyu dan Ermawaty, Imas Ratna (2020) Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Lubang Buaya 06 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14222/1/FKIP_PGSD_1601025077_INTAN%20WAHYU%20NOVITASARI.pdf