eprintid: 14221 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/21 datestamp: 2022-05-07 02:34:49 lastmod: 2022-06-17 04:32:29 status_changed: 2022-05-07 02:34:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indriyani, Indriyani creators_name: Yamin, Yamin creators_id: Indriyni1998@gmail.com title: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKnSiswa Kelas V SDN 02 Banding Agung ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN 02 Banding Agung pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,900 > 0,396, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji prasyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen L0 < L1, Yaitu 0,176 < 0,190, dan Kelas Kontrol L0 < L1, Yaitu 0,092 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,68 < 2,17, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,827 > 2,024. Dengan demikian H0 di tolak dan H1 di terima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDN 02 Banding Agung. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afandi, Muhamad, Evi Chamalah dan Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS. Ananda, Rusydi dan Muhammad Fadhli. 2018. Statistika Pendidikan: Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Pustaka. Apriani, Anastasia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri Marga Kaya Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Lampung: Universitas Bandar Lampung. Awang, Imanuel Sairo. 2017. Strategi Pembelajaran Tinjauan Umum Bagi Pendidik. Kalimantan Barat: Penerbit STKIP Persada Khatulistiwa. Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Febriany, Diny Dwi, Siswandari dan Elvia Ivada. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbere Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Surakarta: Jupe UNS. Vol. 1, No 2 diunduh tanggal 25 januari 2020. Halimah, Lili. 2018. Pendidikan Kewarganegaraan & Kosmopolitan. Yogyakarta :Anggota IKAPI DIY Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia. Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. https://irfanramadhan4.wordpress.com/2011/03/01/pengertian-dan-tujuanpendidikan- kewarganegaraan-pegertian/ Irfanramadhan24. (2011).Pengertian dan tujuan Pendidikan Kewarganegaraan. Diunduh tanggal 29 Desember 2019, dari Kristin, Firosalia. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discopry Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jawa Tengah: Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Vol. 2, No 1 diunduh tanggal 25 januari 2020. Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru. Jakarta: Kata Pena. Kusdiwelirawan, A. 2017. Statistik Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Kusdiwelirawan, A.2014. Statistik Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Kusumawati, Nila dkk. 2017. Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Miswandi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar PKn SD melalui Strategi Crossword Puzzle. Jawa Timur: Jurnal Pendidikan serta Riset & Konseptual. Vol. 2, No 3 diunduh tanggal 23 januari 2020 Nur, Irwan Muhammad, Moh. Salam dan Hasmawati. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbere Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tongkuno. Sulawesi Tenggara: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol. 4, No 1 diunduh tanggal 25 januari 2020. Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Misyakat. Vol. 3, No 1 diunduh tanggal 25 januari 2020. Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia. Rahaditya, R. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Tangerang : PT Pustaka Mandiri Ravel. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Prestasi Belajar pada mata pembelajaran Tematik Siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung. Lampung: Universitas Bandar Lampung. Rini Lestari (2017). “13849-32364-1-SM.pdf”. Diunduh tanggal 20 Desember 2019, dari file:///C:/Users/USER/Downloads/13849-32364-1-SM.pdf Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada. Salama, Munir, dan Suratman. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Malang : Madani. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Penddikan. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dab R & D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Sutikno, Sobry. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica. Sutrisno. 2018. Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Global. Ponorogo: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 6, No 1 diunduh tanggal 23 januari 2010. Syafril.2019. Statistik Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : PT Bumi Aksara citation: Indriyani, Indriyani dan Yamin, Yamin (2020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKnSiswa Kelas V SDN 02 Banding Agung. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14221/1/FKIP_PGSD_1601025076_INDRIYANI.pdf