TY - THES TI - Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKnSiswa Kelas V SDN 02 Banding Agung ID - repository14221 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14221/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka A1 - Indriyani, Indriyani A1 - Yamin, Yamin AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN 02 Banding Agung pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,900 > 0,396, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji prasyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen L0 < L1, Yaitu 0,176 < 0,190, dan Kelas Kontrol L0 < L1, Yaitu 0,092 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,68 < 2,17, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,827 > 2,024. Dengan demikian H0 di tolak dan H1 di terima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDN 02 Banding Agung. M1 - bachelor Y1 - 2020/// ER -