eprintid: 14217 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/17 datestamp: 2022-05-07 02:34:47 lastmod: 2022-06-17 04:30:27 status_changed: 2022-05-07 02:34:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hertari, Hertari creators_name: Mawani, Siti title: Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Mengarang Narasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Klender 20 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keterampilan mengarang narasi dengan menggunakan model picture and picture siswa kelas IV SD Negeri Klender 20 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitia yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one grup prettes design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa rata-rata keterampilan mengarang narasi dengan menggunakan model picture and picture (posttest) lebih tinggi dibandingkan rata-rata keterampilan mengarang narasi dengan tidak menggunakan model picture and picture (pretest). Rata-rata nilai pretest yang diperoleh yaitu 74,14. Setalah diberikan tidakan rata-rata posttest yang diperoleh yaitu 83,62. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunkana uji Liliefors di peroleh nilai pretest 0,162 < 0,170, nilai posttest 0,132 < 0,170 dapat disimpulkan bahwa data distribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunkan uji Fisher diperoleh 1,085 < 1,929, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh 8,910 dengan 2,05 pada = 0,05 maka demikian ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifika pada keterampilan mengarang narasi dengan menggunakan model picture and picture siswa kelas IV SD Negeri Klender 20 Pagi Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Azmussya’ni, & Nur Wangid, M. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di Sdn 3 Sakra. 2, 2. Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: PT.RajaGrafindo Persada. Endang Kasupardi & Supriatna. (2010). Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satudelapan. Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. Jasa Ungguh Muliawan. (2016). 45 Model Pembelajarana Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Kuraedah, S., & Saliadin, L. (2016). Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B Di Min Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan. 2016, Vol. 9 No. 1. Luthfiyah & Muh. Fitrah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kuantitatif, Tindakan Kelas & studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak. Mahmudi, Zulaeha, I., & Supriyanto, T. (2013). 80 JPE 2 (1) (2013) Menulis Narasi Dengan Metode Karyawisata Dan Pengamatan Objek Langsung Serta Gaya Belajarnya Info Artikel _ Sejarah Artikel: Diterima Februari 2013 Disetujui Maret 2013 Dipublikasikan Juni 2013. 2 (1). Miftahul Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. M. Thobroni. (2015). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Noor Juliasyah. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri. Nurmalawati & Majid, A. H. (2017). Penggaruh Penggunaan Media Film Pendek Terhadap Kemampuan Siswa Kelas V Min Lhokseumawe Dalam Menulis Karangan Narasi. vol.5 no.2 Pratiwi, A., Amral, S., & Sumiharti. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii/B Mts Negeri Sijenjang Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017 Anggi. 1. Rahmaniar, Haris, A., & Agus Martawijaya, M. (2015). Kemampuan Merumuskan Hipotesis Fisika Pada Peserta Didik Kelas XMIA SMA Barrang Lompo. Pendidikan Fisika, 3. Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok. 2016, 2. Restoeningroem (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS NARASI BAHASA JEPANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF. 16 No 1. Saifudin, M. F. (2015). Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Dengan Teknik Urai Ruang Waktu (Urw) Di Kelas Iii Sekolah Dasar. 2015, 2. No 2. Salim, Haidar. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan dan Jenis. Jakarta: Segel Penerbit. Solichin, M. M. (2006). Belajar Dan Mengajardalam Pandangan Al-Ghazâl. 1. No2. Suci Tantikasari, B., Mudzanatun, & Kiswoyo. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Puzzle Gambar Seri Terhadap Siswa Kelas Ivsemester 2 Sd Negeri Jiken 05 BLORA. Dinamika Pendidikan, XXII. Sugiharti, R. E., & Wulandari, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Va Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sdit Ad-Damawiyah Cibitung. 2017, Vol.V, No., 4. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. Suhardi, Moh. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. Supardi. (2015). Arah Pendidikan Di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi. Jurnal Formatif, 2(2). Widyawati, W. Y. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra. Vol 2. citation: Hertari, Hertari dan Mawani, Siti (2020) Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Mengarang Narasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Klender 20 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14217/1/FKIP_PGSD_1601025072_HERTARI.pdf