%L repository14217 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %D 2020 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keterampilan mengarang narasi dengan menggunakan model picture and picture siswa kelas IV SD Negeri Klender 20 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitia yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one grup prettes design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa rata-rata keterampilan mengarang narasi dengan menggunakan model picture and picture (posttest) lebih tinggi dibandingkan rata-rata keterampilan mengarang narasi dengan tidak menggunakan model picture and picture (pretest). Rata-rata nilai pretest yang diperoleh yaitu 74,14. Setalah diberikan tidakan rata-rata posttest yang diperoleh yaitu 83,62. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunkana uji Liliefors di peroleh nilai pretest 0,162 < 0,170, nilai posttest 0,132 < 0,170 dapat disimpulkan bahwa data distribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunkan uji Fisher diperoleh 1,085 < 1,929, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh 8,910 dengan 2,05 pada = 0,05 maka demikian ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifika pada keterampilan mengarang narasi dengan menggunakan model picture and picture siswa kelas IV SD Negeri Klender 20 Pagi Jakarta Timur. %A Hertari Hertari %A Siti Mawani %T Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Mengarang Narasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Klender 20 Pagi Jakarta Timur