eprintid: 14213 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/13 datestamp: 2022-05-07 02:34:45 lastmod: 2022-06-17 04:27:57 status_changed: 2022-05-07 02:34:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ambarwati, Anita Dwi creators_name: Zulfadewina, Zulfadewina creators_id: anitadwiaaa@gmail.com creators_id: zulfadewina@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Magnet dan Gaya Gravitasi Untuk Siswa Kelas IV Di SDN Kramat 03 ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi gaya magnet dan gaya gravitasi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas IV di Sekolah Dasar, serta mengetahui kualitas produk yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi produk dengan ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan guru (responden). Teknik evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi formatif. Hasil penelitian media pembelajaran video Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gaya magnet dan gaya gravitasi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang telah dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan guru (responden) adalah baik dengan persentase masing-masing sebesar 82%, 92,38%, 81,25% dan 90%. Respon peserta didik adalah sangat baik dengan persentase 82,0% dari kelompok kecil dan dengan persentase 93,1% dari kelompok besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) gaya magnet dan gaya gravitasi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas IV SD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Bruno, L. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Hanifah. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Berbah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(5), 1–9. Jawetz, Melnick, & Adelberg. (2010). Bab 15. In Mikrobiologi Kedokteran (pp. 223–228). Noviantoro. (2014). Pembelajaran Kontekstual. In Pendiddikan (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–134). Oliver, J. (2013). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238 Silalahi, A. (2018). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Research Gate, July, 1–13. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13429.88803/1 Sukardi. (2013). Bab Iii Metode Penelitian a. METODE pENELITIAN ILMIAH, 84, 487–492. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933 Utaminingtyas, S. (2011). the Influence of Video Media on the Ability of Storytelling on English Lesson Students Class V Sd Negeri Panjatan, Panjatan, Kulon Progo. 96. citation: Ambarwati, Anita Dwi dan Zulfadewina, Zulfadewina (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Magnet dan Gaya Gravitasi Untuk Siswa Kelas IV Di SDN Kramat 03. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14213/1/FKIP_PGSD_1601025069_ANITA%20DWI%20AMBARWATI.pdf