eprintid: 14211 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/11 datestamp: 2022-05-07 02:34:39 lastmod: 2022-06-17 04:22:27 status_changed: 2022-05-07 02:34:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugraha, Ade Sukma creators_name: Yamin, Yamin creators_id: mailto:adenugraha179@gmail.com title: Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Ciracas 05 Pagi Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik pada pembelajaran karangan narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala metode true experimental design dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB SDN Ciracas 05 Pagi Jakarta dengan jumlah 31 peserta didik karena teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan instrumen penelitian, analisis dan bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Uji normalitas keterampilan menulis karangan narasi Bahasa Indonesia peserta didik menggunakan uji chi kuadrat. Dari hasil perhitungan normalitas untuk pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri diperoleh data Lhitung untuk posttest sebesar 2,91. Sedangkan pengujian untuk pretest diperoleh data Lhitung 5,05. Ltabel pada taraf signifikan α = 0,05 untuk n = 31 adalah 7,81, karena Lhitung pada kedua hasil pengujian di atas lebih kecil dari Ltabel (7,81). Maka dengan demikian populasi bersdistribusi normal. Uji homogenitas menulis karangan narasi Bahasa Indonesia peserta didik menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung = 1,69 < Ftabel(0,05;30;30) = 1,84. Karena Fhitung < Ftabel(0,05;30;30) maka dapat disimpulkan bahwa sampel mempunyai kondisi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh Thitung = 10,351 > Ttabel = 2,000 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan narasi Bahasa Indonesia kelas IV SDN Ciracas 05 Pagi Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahsin, M. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Metode Quantum Learning. Refleksi Edukatika, 6(2), 158–171. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.607 Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia. Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajagrafindo Persada. Gilli, Y., & Dalle, A. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 36–40. https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i1.8762 Helda, T. (2017). Menulis Teks Cerita Pendek Berbantuan Media Gambar Berseri Siswa Kelas Vii Smp Islam Khaira Ummah Padang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2186 Indriana, D. (2011). media pembelajaran. Bandung: Gramedia. Komaidi, D. (2017). Panduan Lengkap Menulis Kreatif Proses, Keterampilan, Dan Profesi. Yogyakarta: Araska. Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia. Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., & Tahun, N. (2016). MEDIA HAND PUPPET UNTUK MENINGKATKAN PADA ANAK Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Gan. 4(1). Permana, A., Hilaliyah, H., & Muzak, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Narasi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 87–99. https://doi.org/10.15408/dialektika.v3i1.4184 Saifuddin. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis Dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish. Salfera, N. (2017). Eksplanasi Dengan Menggunakan Media. Pendidikan Indonesia, 3(2), 32–43. Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun. Anida, 40(2), 110–117. https://scholar.google.co.id Satrianawati. (2017). Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish. Sismulyasih. (2015). 64 Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah, Strategi Synergetic Teaching Nugraheti Simulyasih Sb. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(April), 64–70. Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada. Tabroni, R. (2012). Proses Kreatif Menulis di Media Masa. Bandung: Nuansa. Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 104. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 Widodo, M. (2016). Investigasi Kelompok : Prototipe Pembelajaran Menulis Akademik. Yogyakarta: Media Akademi. Zein, R. A., Hidayat, I. W., Ariana, A. D., Hendriani, W., Cahyono, R., & Wicaksono, D. A. (2018). Keterampilan Belajar (Study Skills) Untuk Mahasiswa. Jakarta: Kencana. Zulela, M., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan Menulis Narasi Melaui Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–123. citation: Nugraha, Ade Sukma dan Yamin, Yamin (2020) Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Ciracas 05 Pagi Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14211/1/FKIP_PGSD_1601025067_ADE%20SUKMA%20NUGRAHA.pdf