eprintid: 14206 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/06 datestamp: 2022-05-07 02:34:33 lastmod: 2022-06-17 04:20:00 status_changed: 2022-05-07 02:34:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agustine, Anggitha creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_id: Anggitha38@gmail.com creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas 4 di SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dan sikap siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Joyful Learning pada siswa kelas IV SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adala metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One group Pretest posttest. Sampel yang digunakan adalah 15 siswa. Pada uji Validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan 38 soal valid dan 12 soal invalid. Sedangkan pada uji realibillitas menggunakan rumus KR-21 memperoleh = 0,866 > = 0,334, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Untuk sikap dilakukan uji validitas angket sebanyak 30 soal, semua soal angket valid dan reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan liliefors galat taksiran diperoleh =0.102202 <= 0.22 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlett diperoleh < maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji t hipotesis digunakan uji-t diperoleh 15,37 dengan 2,131 pada α = 0,05, maka dengan demikian ditolak. Artinya, terdapat adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Joyful Learning pada siswa kelas IV SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anggoro, S. (2013). Pendekatan Joyful Learning Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. January 2014, 0–9. Awang, S. I. (2015). Vox Edukasi Vol 6, No 2 Nopember 2015 Nelly Wedyawati , Deskripsi Analisis... 143. Vox Edukasi, 6(2), 143–155. Cerya, E., Fakultas, D., Universitas, E., & Padang, N. (2016). JOYFUL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN. 14, 33–42. Darmansyah. (2011). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Bumi Aksara. Fitria, N., & Sakmal, J. (n.d.). Pengaruh Metode Joyfull Learning Terhadap Hasil. Juni Priansa, D. (2017). PENGEMBANGAN STRATEGI&MODEL PEMBELAJARAN. Pustaka Setia. Kusdiwelirawan, A. (2017). STATISTIKA PENDIDIKAN (3rd ed.). UHAMKA PRESS. Saifuddin. (2014). pengelolaan pembelajaran teoritis dan praktis. Deepublish. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Metode Kualitatif, dan Metode R & D. Alfa Beta. Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA : konsep dan aplikasinya. UPI Press. Supartini, M. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN MANGUNHARJO 3 KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO. Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10, 283. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI%0A Susanto, A. (2016). TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. PRENADAMEDIA GROUP. Suyono, & Hariyanto. (2015). BELAJAR dan PEMBELAJARAN. PT. Remaja Rosdakarya. Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Deepublish. Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2017). METODOLOGI PEMBELAJARAN IPA. Bumi Aksara. citation: Agustine, Anggitha dan Kusdiwelirawan, Acep (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas 4 di SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14206/1/FKIP_PGSD_1601025062_ANGGITHA%20AGUSTINE.pdf