eprintid: 14205 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/05 datestamp: 2022-05-07 02:34:31 lastmod: 2022-06-17 04:18:38 status_changed: 2022-05-07 02:34:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Huda, Nurul creators_name: Yatri, Ika creators_id: Bimex127@gmail.com creators_id: ikayatri@uhamka.ac.id title: Pengaruh Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur pada semester I 2020/2021. Metode Penelitian yang dipergunakan adalah Quasi Eksprimen, populasi ini berjumlah 60 siswa. Teknik sampling menggunakan sempel jenuh. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas Eksperimen / kelas Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz dan 30 siswa pada kelas kelas yang tidak menggunakan Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz . Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen tes yang berbentuk soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban yang telah diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliablitas. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan dilakukan uji normalitas yang menggunakan uji normalitas yang menggunakan uji lilifors dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher maka data dinyatakan normal dengan homogen. Uji hipotesisi yang digunakan adalah uji-t dengan di peroleh thitung=3,995 dan ttabel =2,002 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58. Thitung lebih besar dari ttebel maka H0 ditolak H1 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Mind mapping Berbantu Platfrom Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Pasa Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akmal. (2019). Lebih dekat dengan industri 4.0. Yogyakarta : CV. Budi Utama. Arikunto, s. (2010). prosedur penelitiaan . jakarta: rineka cipta. Ariyanti, D. (n.d.). Bukan Sekedar Selvi. Barlia, l. (2014). elementary school students motivation profiles in learning science for conceptual changing. international journal of science and research, 1. Berlin san, i. k. (2015). ragam perkembangan model pembelajaran. jakarta: cv. solusi distribusi. Berlin Sani, I. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Solusi Distribusi . Berlin sani, I. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: CV. Solusi Distribusu. Berlin sani, I. K. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: cv, solusi distribusi. Eka Sulistyowati, A. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara. Ika berdiati, H. (2014). pembelajaran efektif . bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mudjiono, D. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Nugroho, I. A. (n.d.). Pembuatan Soal Aplikasi Quizizz. Pembelajaran Ipa di Sekolah Dasar. (2016). Jakarta: PT Indeks. Priansa, D. J. (2017). pengembangan strategi dan model pembelajaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA. Purwanto. (2018). EVALUASI BELAJAR. YOGYAKARTA: PUSAKA BELAJAR. Riduwan. (2013). belajar mudah penelitiaan untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. bandung: alfabete . Riduwan. (2013). belajar mudah penelitian . bandung: alfabeta. Riduwan. (2013). Belajar mudah penelitian . yogyakarta: alfabeta. Ridwan. (2013). belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. bandung. Saefuddin, H. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Reamaja Rosdakarya Offset. Samantowo, U. (2016). pembelajaran IPA di sekoalah dasar. jakarta: PT indeks. Samatowa, U. (2014). metodologi pembelajaran IPA. jakarta: PT Bumi Aksara. SAMLAWI , F. (n.d.). konsep dasar IPS . depertemen pendidikan dan kebudayan Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi . Jakarta: PT Asdi mahasatya. Sugiono . (2015). metode penelitian pendidikan. bandung: alfabeta. sugiyono. (2015). metode penelitian pendidikan. bandung. suprijono, a. (2015). cooperative learning . yogyakarta: pustaka belajar. suprijono, a. (2015). Cooperative Learning. yogyakarta: pustaka pelajar. SUPRIYA. (2011). Pendidikan IPS. bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Susanto, a. (2014). metodolologi pembelajaran IPA. JAKARTA: PT bumi aksara. Yudha, R. P. (2018). Motivasi berprestasi dan disiplin peserta didik. PONTIANAK: Yudha English Gallery. citation: Huda, Nurul dan Yatri, Ika (2020) Pengaruh Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14205/1/FKIP_PGSD_1601025055_NURUL%20HUDA.pdf