eprintid: 14204 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/04 datestamp: 2022-05-07 02:34:28 lastmod: 2022-06-17 04:17:01 status_changed: 2022-05-07 02:34:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmayani, Novia creators_name: Muhib, Rosyidi creators_id: noviiarahmayanii1997@gmail.com creators_id: muhib_rosyidi@uhamka.ac.id title: Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Konsep Diri Peserta Didik Kelas V Di SDN Ciracas 13 Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan konsep diri peserta didik kelas V di SDN Ciracas 13 Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasi. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket sebanyak 80 butir pernyataan yang terdiri dari 40 butir pernyataan ekstrakurikuler pramuka dan 40 butir pernyataan konsep diri. 60 butir pernyataan ekstrakurikuler pramuka dan konsep diri dinyatakan valid dan 20 butir pernyataan ekstrakurikuler pramuka dan konsep diri dinyatakan tidak valid. Reliabilitas untuk angket ekstrakurikuler pramuka memperoleh nilai sebesar 0,937 dan konsep diri memperoleh nilai sebesar 0,943, dan kedua data variabel tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan konsep diri peserta didik. Dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi (R) memperoleh sebesar 0,548 dan koefisien determinasi (R2) memperoleh sebesar 0,300. Nilai sebesar 4,443, sebesar 2,021 dan signifikansi 0,000. Karena nilai 4,443 > 2,021 dan 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan konsep diri peserta didik kelas V di SDN Ciracas 13 Jakarta Timur dan variabel ekstrakurikuler pramuka memberikan kontribusi dalam memunculkan konsep diri sebesar 30% yang merupakan presentasi tertinggi, dimana 70% dipengaruhi dari berbagai faktor lain seperti sikap kepemimpinan, prestasi belajar, dan lain-lain. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus. S. & Budi. A. (2015). Buku Panduan Resmi Penggalang. Andi. Anwar, S. (2015). Management Of Student Development (Perspektif Al-Quran dan As-Sunnah. Yayasan Indragirl. Bafirman. (2016). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes. Kencana. Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana. Cahyono, S. B. (2018). Refleksi dan Transformasi Diri. Gcloud. Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya. Dewi, N. K., & Saragih, S. (2014). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Perilaku Prososial Remaja Di SMP Santa Ursula Jakarta. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03), 253–268. Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Eca Gesang Mentari, D. (2019). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan & Ekstrakurikuler. Desa Pustaka Indonesia. Ernawati Sinaga, dkk. (2017). Manajemen Kesehatan Menstruasi. Universitas Nasional. Firmansyah, Z. A. (2014). Panduan Resmi Pramuka. Wahyumedia. Haeruddin. (2013). Kumpulan Materi Taruna Melati 1. Pemimpin Daerah Ikatan Pelajaran Muhammadiyah Bantaeng. Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan. Hikmah, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran dan Konsep Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kretif Mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 236–249. Ilyas & Qoni. (2012). Buku Pintar Pramuka untuk tingkat Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega. Familia. Irfannuddin. (2019). Cara Sistematis Berlatih Meneliti. Rayyana Komunikasindo. Jaenudin. Y & Tini. R. (2016). Panduan Wajib Pramuka Superlengkap. Bimedia. Jalil, J. (2018). Pendidikan Karakter: Implementasi oleh Guru, Kurikulum, Pemerintah dan Sumber Daya Pendidikan. CV Jejak. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika Pendidikan. UHAMKA PRESS. Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. Marlina Eka Saputri, & Moordiningsih. (2016). Pembentukan Konsep Diri Remaja Pada Keluarga Jawa Yang Bergama Islam. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 261–268. Muhammad Anas. (2013). Psycologi Menuju Aplikasi Pendidikan. Pustaka Education. Muhith, A. (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa. Andi. Mulyono. (2018). Berprestasi Melalui JFP Ayo Kumpulkan Angka Kreditmu. Deepublish. Ningsih, V, Y., dkk. (2017). Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Dan Perilaku Belajar Dengan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IS SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(2), 116-124. Nofianti, A. (2018). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 120-129. Noor Yanti, D. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963–970. Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 5(1), 151–168. Priyanto, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Andi. Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish. Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. Sriwahyuningsih. (2017). Terhadap Karakter Peserta Didik Di Mi Laikang Kecamatan Ma ’ Rang Kabupaten Pangkep the Influence of Extracurricular Activities To the Character of Students in Mi Laikang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 40–47 Sudaryana, B. (2017). Metode Penelitian. Deepublish. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana. Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Surya, H. (2010). Jadilah Pribadi yang Unggul. PT Elex Media Komputindo. Suryanto, dkk. (2012). Pengantar Psikologi Sosial. Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Airlangga. Syahrina Dhahirah, dkk. (2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Kurikulum 2013 Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(2), 92-102. Tamam, B. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Memahami Kitab Kuning Dengan Kemampuan Lisan Dan Tulisan Dalam Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 71–98. Trianto I. B. A. & Hadi. S. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Kencana. Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan (Formal, Nonformal, dan Informal). Deepublish. Wibowo. (2014). Perilaku dalam Organisasi. Rajawali Pers. Yenita, R. (2018). Hubungan Minat Belajar Dan Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Sosioreligi, 16(1), 29–33. Zelhendri, S. &. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Kencana. citation: Rahmayani, Novia dan Muhib, Rosyidi (2020) Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Konsep Diri Peserta Didik Kelas V Di SDN Ciracas 13 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14204/1/FKIP_PGSD_1601025054_NOVIA%20RAHMAYANI.pdf