eprintid: 14201 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/01 datestamp: 2022-05-07 02:34:22 lastmod: 2022-06-17 04:13:25 status_changed: 2022-05-07 02:34:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pramiandar, Dyah Putri creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: Dyahputripramiandar@gmail.com creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id title: Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berbicara Tema 6 dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDS Muhammadiyah Pasir Jaya ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan berbicara siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Uji validitas pada instrument penelitian ini menggunakan uji validitas isi dan konstruk. Instrument sudah disahkan oleh pakar dengan memberikan catatan bahwa instrument sudah layak digunakan tanpa adanya perbaikan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDS Muhammadiyah Pasir Jaya setelah diberikan perlakuan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam penelitian ini dinilai cukup efektif diberikan kepada siswa sekolah dasar khususnya kelas V. Hal itu terlihat ketika para siswa sangat antusias terhadap pembelajaran tersebut. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ini merupakan pembelajaran yang berlandaskan konteks sebuah permasalahan sehingga dapat memicu siswa untuk berpikir lebih kritis serta dapat mengemukakan pendapatnya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Al-Pansori, Muh Jaelani. 2016. “Implementasi Pendekatan Pragmatik Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 4(02):216–26. Aprianil, Susi, Ali Sudin, and Regina Lichteria Panjaitan. 2017. “Penerapan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Perubahan Sifat Benda.” Penerapan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Perubahan Sifat Benda 2(1):401–10. Dewi, Candra. 2017. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 3(2):567. Faizah umi. 2016. PENGANTAR KETERAMPILAN BERBICARA. Fakhiroh, Ani, and Syarif Hidayatullah. 2018. “Pengaruh Percaya Diri Terhadap Ketrampilan Berbicara.” EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 7(1):34. Fatmawati, Dede & Fatonah, Khusnul. 2018. “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pembelajaran Kontekstual Kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 Pagi.” Jurnal Eduscience 4(1):38–46. Gunawan, Rudy. 2011. PENDIDIKAN IPS. Gutara, Mohamad Yudha, Itsar Bolo Rangka, and Wahyu Eka Prasetyaningtyas. 2017. “Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Depan Umum Bagi Siswa.” Jurnal Fokus Konseling 3(2):138. Harahap, Lola Wita. 2017. “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Dan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan.” Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 231–34. IHWAN. 2016. METODE SOSIODRAMA. Indriyanti. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Materi Peristiwa Alam Melalui Metode Eksperimen Dengan Pendekatan CTL Kelas V. Kristin, Firosalia. 2016. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6(2):74. Latipah, Eneng Diana Putri, and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2018. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL Dan RME.” Matematika 17(1):1–12. Maryati, Iyam. 2017. “P Embelajaran K Ontekstual.” 6(September):333–44. Mas.Ian, Rifati. 2018. “Manfaat Kepercayaan Diri Berbicara Didepan Umum Bagi Siswa.” (1):430–39. Nurul, Wan, Atikah Nasution, Dian Anggraini Harahap, Universitas Asahan, and Universitas Asahan. 2019. “PENGARUH PEMENTASAN DRAMA TERHADAP.” 243–50. Nurullah, Dian Fitri. 2019. “Jurnal Mabasindo Volume 3 Nomor 2 Edisi November 2019 Dian Fitri Nurullah.” 3(November):155–63. Panjaitan, Dedy Juliandri, Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah, and Pendekatan Contextual Teaching. 2016. “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Ipa.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(1):35–42. PATKUR. 2016. Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita Melalui Strategi Pembelajaran KONSTEKSTUAL (CTL). PIANDI DIDI. 2017. Pembelajaran Matematika Contextual Teaching and Learning(CTL). Putriyani, Kiki, Aisyah Aisyah, and Hasan Basri Said. 2018. “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Vii Mtsn Olak Kemang Kota Jambi.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 8(1):167. Rahma, Paper Anggita. n.d. “P.” Ruswantini, Dwi. 2018. “Peningkatan Prestasi Belajar Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL).” 01(03):25–36. Sabekti Ardi Widhia, Dkk. 2016. “Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Membangun Pembelajaran Bermakna Pada Kimia.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99. Saiful, Anwar. 2018. “MODEL Pembelajaran CTL.” (1):57–74. Sari, Intan Purnama, and Aji Raditya. 2017. “PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) TERHADAP KEMAMPUAN Baik Dalam Proses Pembelajaran Maupun Di Luar Proses Pembelajaran . Tujuan Di Atas Sesuai Pula Dengan Tujuan Umum Pembelajaran Matematika Yang Dirumuskan National.” 1(1):19–32. SARONI. 2016. BERBICARA. Simarmata, Mai Yuliastri. n.d. “Sebuah Profesi.” 1–9. sugiyono. 2017a. Metode Penelitian Pendidikan. sugiyono. 2017b. Statistik Untuk Penelitian. Sulfemi, Wahyu Bagja, and Dede Supriyadi. 2018. “Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Ips.” Ilmiah Edutecno 18(2):1–19. Suprianto, Dkk. 2016. “PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN.” 2(2):166–75. SUSANTI ELVI. 2018. KETERAMPILAN BERBICARA. Wahyono, Hari. 2017. “Penilaian Kemampuan Berbicara Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi InfoAl-Pansori, Muh Jaelani. 2016. “Implementasi Pendekatan Pragmatik Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 4(02):216–26. Aprianil, Susi, Ali Sudin, and Regina Lichteria Panjaitan. 2017. “Penerapan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Perubahan Sifat Benda.” Penerapan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Perubahan Sifat Benda 2(1):401–10. Dewi, Candra. 2017. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 3(2):567. Faizah umi. 2016. PENGANTAR KETERAMPILAN BERBICARA. Fakhiroh, Ani, and Syarif Hidayatullah. 2018. “Pengaruh Percaya Diri Terhadap Ketrampilan Berbicara.” EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 7(1):34. Fatmawati, Dede & Fatonah, Khusnul. 2018. “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pembelajaran Kontekstual Kelas IV SDN Sukabumi Utara 04 Pagi.” Jurnal Eduscience 4(1):38–46. Gunawan, Rudy. 2011. PENDIDIKAN IPS. Gutara, Mohamad Yudha, Itsar Bolo Rangka, and Wahyu Eka Prasetyaningtyas. 2017. “Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Depan Umum Bagi Siswa.” Jurnal Fokus Konseling 3(2):138. Harahap, Lola Wita. 2017. “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Dan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan.” Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 231–34. IHWAN. 2016. METODE SOSIODRAMA. Indriyanti. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Materi Peristiwa Alam Melalui Metode Eksperimen Dengan Pendekatan CTL Kelas V. Kristin, Firosalia. 2016. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6(2):74. Latipah, Eneng Diana Putri, and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2018. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL Dan RME.” Matematika 17(1):1–12. Maryati, Iyam. 2017. “P Embelajaran K Ontekstual.” 6(September):333–44. Mas.Ian, Rifati. 2018. “Manfaat Kepercayaan Diri Berbicara Didepan Umum Bagi Siswa.” (1):430–39. Nurul, Wan, Atikah Nasution, Dian Anggraini Harahap, Universitas Asahan, and Universitas Asahan. 2019. “PENGARUH PEMENTASAN DRAMA TERHADAP.” 243–50. Nurullah, Dian Fitri. 2019. “Jurnal Mabasindo Volume 3 Nomor 2 Edisi November 2019 Dian Fitri Nurullah.” 3(November):155–63. Panjaitan, Dedy Juliandri, Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah, and Pendekatan Contextual Teaching. 2016. “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Ipa.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(1):35–42. PATKUR. 2016. Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita Melalui Strategi Pembelajaran KONSTEKSTUAL (CTL). PIANDI DIDI. 2017. Pembelajaran Matematika Contextual Teaching and Learning(CTL). Putriyani, Kiki, Aisyah Aisyah, and Hasan Basri Said. 2018. “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Vii Mtsn Olak Kemang Kota Jambi.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 8(1):167. Rahma, Paper Anggita. n.d. “P.” Ruswantini, Dwi. 2018. “Peningkatan Prestasi Belajar Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL).” 01(03):25–36. Sabekti Ardi Widhia, Dkk. 2016. “Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Membangun Pembelajaran Bermakna Pada Kimia.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99. Saiful, Anwar. 2018. “MODEL Pembelajaran CTL.” (1):57–74. Sari, Intan Purnama, and Aji Raditya. 2017. “PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) TERHADAP KEMAMPUAN Baik Dalam Proses Pembelajaran Maupun Di Luar Proses Pembelajaran . Tujuan Di Atas Sesuai Pula Dengan Tujuan Umum Pembelajaran Matematika Yang Dirumuskan National.” 1(1):19–32. SARONI. 2016. BERBICARA. Simarmata, Mai Yuliastri. n.d. “Sebuah Profesi.” 1–9. sugiyono. 2017a. Metode Penelitian Pendidikan. sugiyono. 2017b. Statistik Untuk Penelitian. Sulfemi, Wahyu Bagja, and Dede Supriyadi. 2018. “Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Ips.” Ilmiah Edutecno 18(2):1–19. Suprianto, Dkk. 2016. “PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN.” 2(2):166–75. SUSANTI ELVI. 2018. KETERAMPILAN BERBICARA. Wahyono, Hari. 2017. “Penilaian Kemampuan Berbicara Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Wujud Aktualisasi Prinsip-Prinsip Penilaian.” Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajarannya 1:19–34. Windasari, Suci & Sofyan, Harlinda. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 10(4):6. Yulia, Siska. 2016. “Konsep Dasar Ips.” Zulaiha, Siti. 2016. “Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Pendahuluan Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah Dasar Di Indonesia Adalah Jenjang Paling.” Jurnal Pendidikan Islam 1(01):41–46. rmasi Wujud Aktualisasi Prinsip-Prinsip Penilaian.” Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajarannya 1:19–34. Windasari, Suci & Sofyan, Harlinda. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 10(4):6. Yulia, Siska. 2016. “Konsep Dasar Ips.” Zulaiha, Siti. 2016. “Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Pendahuluan Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah Dasar Di Indonesia Adalah Jenjang Paling.” Jurnal Pendidikan Islam 1(01):41–46. citation: Pramiandar, Dyah Putri dan Gunawan, Rudy (2020) Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berbicara Tema 6 dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDS Muhammadiyah Pasir Jaya. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14201/1/FKIP_PGSD_1601025050_DYAH%20PUTRI%20PRAMIANDAR.pdf