TY - THES PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14201/ AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan berbicara siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Uji validitas pada instrument penelitian ini menggunakan uji validitas isi dan konstruk. Instrument sudah disahkan oleh pakar dengan memberikan catatan bahwa instrument sudah layak digunakan tanpa adanya perbaikan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDS Muhammadiyah Pasir Jaya setelah diberikan perlakuan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam penelitian ini dinilai cukup efektif diberikan kepada siswa sekolah dasar khususnya kelas V. Hal itu terlihat ketika para siswa sangat antusias terhadap pembelajaran tersebut. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ini merupakan pembelajaran yang berlandaskan konteks sebuah permasalahan sehingga dapat memicu siswa untuk berpikir lebih kritis serta dapat mengemukakan pendapatnya. A1 - Pramiandar, Dyah Putri A1 - Gunawan, Rudy M1 - bachelor ID - repository14201 TI - Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berbicara Tema 6 dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDS Muhammadiyah Pasir Jaya Y1 - 2020/// ER -