eprintid: 14200 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/42/00 datestamp: 2022-05-07 02:34:20 lastmod: 2022-06-17 04:11:26 status_changed: 2022-05-07 02:34:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Silviyana, Diah Hidayati creators_name: Rahmiati, Rahmiati creators_id: diahhidayati07@gmail.com creators_id: rahmiati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV di SDN Pangkalanjati 2 Kota Depok ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Example Non Example terhadap hasil belajar IPA Peserta Didik kelas IV di SDN Pangkalanjati 2 Kota Depok pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini ialah kelas IV A dan IV B yang berjumlah 54 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dengan 40 soal pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reabilitas. Hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lhitung 0,078 < Ltabel 0,173 dan kelas eksperimen Lhitung 0,093< Ltabel 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,666 < Ftanel 1,99, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 6,039 < ttabel 1,674 pada =0,05, menyatakan bahwa Ho ditolak dan Hα diterima. Kesimpulan penelitian ini, bahwa terdapat pengaruh model Pembelajarn Example Non Example terhadap hasil belajar IPA materi macam-macam gaya peserta didik IV SDN Pangkalanjati 2 Kota Depok. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit PT Bumi Aksara. Jakarta. Astriani, Rahayu, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Gaser Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Pendas Mahakam. Volume 2. nomor 1. Cahyono, Tri. (2015). Statistika Uji Normalitas, Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas Darmawan, D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah . PT Remaja Rosdakarya. Bandung Gasong, Dina. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Deepublish. Yogyakarta Hamdayana, J. (2017). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor Hidayat, I. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer (Micky O. (ed.)). Diva Press. Yogyakarta Isrok’atun. (2018). Model-Model pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara. Jufri A. Wahab. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains: Model Dasar Menjadi Guru Profesional. Penerbit Pustaka Reka Cipta. Karwono. (2018). Belajar dan Pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar. PT Rajagrafindo Persada. Depok Kompri. (2017a). Belajar; Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Media Akademi. Yogyakarta Kompri. (2017b). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Media Akademi.Yogyakarta Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Penerbit Deepublish. Yogyakarta Nafi’ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Ar-Ruzz Media. Nurdin, S. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT Indeks. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.Yogyakarta Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Kencana. Jakarta Sugiyono. (2016). Metode Peelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung Suryani, Eni. 2018. Pengaruh Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 5. Nomor 1 Sutirman. (2013). Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Graha Ilmu. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (F. Yustianti). PT Bumi Aksara. Jakarta Uhamka. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta citation: Silviyana, Diah Hidayati dan Rahmiati, Rahmiati (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV di SDN Pangkalanjati 2 Kota Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14200/1/FKIP_PGSD_1601025049_DIAH%20HIDAYATI%20SILVIYANA.pdf