%I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV di SDN Pangkalanjati 2 Kota Depok %A Diah Hidayati Silviyana %A Rahmiati Rahmiati %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Example Non Example terhadap hasil belajar IPA Peserta Didik kelas IV di SDN Pangkalanjati 2 Kota Depok pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini ialah kelas IV A dan IV B yang berjumlah 54 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dengan 40 soal pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reabilitas. Hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lhitung 0,078 < Ltabel 0,173 dan kelas eksperimen Lhitung 0,093< Ltabel 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,666 < Ftanel 1,99, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 6,039 < ttabel 1,674 pada =0,05, menyatakan bahwa Ho ditolak dan Hα diterima. Kesimpulan penelitian ini, bahwa terdapat pengaruh model Pembelajarn Example Non Example terhadap hasil belajar IPA materi macam-macam gaya peserta didik IV SDN Pangkalanjati 2 Kota Depok. %L repository14200 %D 2020