eprintid: 14198 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/98 datestamp: 2022-05-07 02:34:18 lastmod: 2022-06-17 04:04:47 status_changed: 2022-05-07 02:34:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fazrianti, Desti Nur creators_name: Amirullah, Gufron creators_id: nurfazrianti11@gmail.com creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: Hubungan antara Media Rumah Belajar dengan Kemampuan Analisis IPA Peserta Didik Kelas 4 di SDN Sukamaju 6 Depok ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan analisis IPA dengan menggunakan media Rumah Belajar pada peserta didik kelas 4 di SDN Sukamaju 6 Depok pada semester 2 tahun ajaran 2019 – 2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian expost facto. Sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Pada uji validitas untuk soal menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 20 soal pilihan ganda dengan 15 soal valid dan 5 soal tidak valid, selain itu untuk angket menggunakan Korelasi Product Moment sebanyak 10 item pernyatan dengan 8 item valid dan 2 item tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas untuk soal menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung = 0,763 > 0,361 dan untuk angket menggunakan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung = 0,436 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh hasil tes dengan Lhitung 0,1417 < 0,173 Ltabel dan hasil angket Lhtiung 0,1341 < 0,173 Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh untuk hasil Fhitung 1,738 < 0,198 Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 16,678 dengan ttabel 2,069 pada α = 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya hubungan yang positif antara media Rumah Belajar dengan kemampuan analisis IPA peserta didik kelas 4 SDN Sukamaju 6 Depok. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Filoza, A., Hasan, R., & Oktavidiati, E. (2019). Pemanfaatan Media Portal Rumah Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMP Negeri 3 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship VI, 1–7. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/216/147 Hasan, M. F., Parubak, A. S., & Yogaswara, R. (2018). Belar Kognitif Peserta Didik Kelas X Mia Sma Santo. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 121–125. http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/accej Ingsih, K. (2018). Pendidikan Karakter. DEEPUBLISH. Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Rajawali Pers. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika Pendidikan. UHAMKA PRESS. Majid, A. (2017). Penilaian Autentik: Proses dan Hasil Belajar. PT Remaja Rosdakarya. Sadiman, A. S. dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers. SANDI, P. A. (2019). PEDOMAN PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR strategi pembelajaran berbasis TIK memanfaatkan rumah belajar. 75. Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. 1(2), 105–113. Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Teknologi, P., Pendidikan, K., Martadinata, J. R. E., Pos, T., Ciputat, C. P. A., & Selatan, T. (2019). PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN Utilization of Portal Rumah Belajar to Increase Learning Quality. Teknodik, 23, 65–78. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. citation: Fazrianti, Desti Nur dan Amirullah, Gufron (2020) Hubungan antara Media Rumah Belajar dengan Kemampuan Analisis IPA Peserta Didik Kelas 4 di SDN Sukamaju 6 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14198/1/FKIP_PGSD_1601025048_DESTI%20NUR%20FAZRIANTI.pdf