eprintid: 14195 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/41/95 datestamp: 2022-05-07 02:34:15 lastmod: 2022-06-24 04:49:23 status_changed: 2022-05-07 02:34:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rustati, Eriana Dwi creators_name: Riadi, Sugeng creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Representasi Nilai Karakter Dalam Cerita Rakyat Sangkuriang, Si Kabayan, Dan Lutung Kasarung Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Smp ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam cerita Sangkuriang, Si Kabayan, dan Lutung Kasarung serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra SMP. Tujuan dari penelitian adalah : 1) mendeskripsikan nilai karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Sangkuriang, Si Kabayan dan Lutung Kasarung. 2) mendeskripsikan implikasi nilai karakter pada ketiga cerita rakyat tersebut dalam pembelajaran sastra SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan data secara sistematis berupa kata, kalimat atau paragraph. Langkah awal dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis data dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam ketiga cerita rakyat tersebut. Nilai karakter yang terdapat dalam ketiga cerita rakyat tersebut adalah nilai karakter mandiri, jujur, tanggung jawab, kreatif, cinta damai, kerja keras, peduli sosial, demokratif, rasa ingin tahu, dan bersahabat. Pada cerita rakyat Sangkuriang, nilai karakter yang dominan ialah nilai karakter kreatif, karena Sangkuriang tidak kehabisan akal untuk memenuhi syarat yang diberikan oleh Dayang Sumbi. Nilai karakter yang dominan pada cerita rakyat Si Kabayan adalah nilai karakter tanggung jawab, karena walaupun Kabayan pemalas, tetapi ia bertanggung jawab terhadap istri dan mertuanya, sedangkan nilai karakter yang dominan pada cerita Lutung Kasarung adalah peduli sosial, karena Purbasari adalah orang yang sangat baik, dan suka menolong siapapun yang butuh pertolongan tanpa meminta imbalan sedikitpun. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Acetylena, Sita. 2018. Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara. Malang: Madani. Aziz, Hamka Abdul. 2016. Karakter Guru Profesional. Jakarta: AL-Mawadi Prima. Gunawan, Heri. 2018. Pendidikan Karakter konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabet. Gusnetti, Syofiani, dan Romi Isnanda. Struktur Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. V1.i2 Hariyani, Anita. 2009. Unsur Intrinsik Cerita Rakyat”Timun Emas” Serta Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di Kelas V SS. Yogyakarta:Universitas Sanata Dharma. Judiani, Sri. 2010 Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. 16(03). Junaini, Esma, Agustina, dan A. Canrhas. Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Vol I, No I, Agustus 2017. Maunah, Binti. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. (01). Moeloeng, Lexy J.2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Prioritas Penentuan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sastra Remaja. (03). Nyoman, Kutha. 2004 Teori, Metode, dan Metode Penelitian Sastra.Yogyakarya: Pustaka Belajar. Ramdhani, Muhammad. Ali. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Vol. 08; No. 01; 2014. Raihan, Putry. 2018. Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Vol. 4, No. 1, Maret 2018. Sulistiyana, Pratiwi. (2014). Representasi Kemiskinan dalam Novel Jatisaba Karya Ramayda Akmal (Kajian Sosiologi Sastra). Bahtera Sastra: Antologi Bahasa dan Sastra Indonesia, 2. Supriadi, Asep. Kearifan Lokal Cerita Sangkuriang:Menuju Ketahanan Bangsa. No. 11:2013. Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Youpika, Fitra dan D. Zuchdi. Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu Dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Tahun VI, No 1, April 2016. citation: Rustati, Eriana Dwi dan Riadi, Sugeng (2020) Representasi Nilai Karakter Dalam Cerita Rakyat Sangkuriang, Si Kabayan, Dan Lutung Kasarung Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Smp. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14195/1/FKIP_PBSI_1601045059_ERIANA%20DWI%20RUSTANTI.pdf