eprintid: 14194 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/41/94 datestamp: 2022-05-07 02:34:13 lastmod: 2022-06-25 10:46:12 status_changed: 2022-05-07 02:34:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Larasati, Duwi creators_name: Rahmayanti, Indah creators_id: larasatiduwi9@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tangerang ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap keterampilan meulis puisi siswa SMA Negeri 3 Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan design Posttest-Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Uji normalitas hasil tes menggunakan liliefors. Pada kelas eksperimen Lhitung 0,079 < Ltabel 0,161 sedangkan pada kelas kontrol Lhitung 0,126 < Ltabel 0,161. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya tes di uji homogenitasnya dengan menggunakan Fisher. Data yang diperoleh Fhitung 1,64 < Ftabel 1,84 dengn taraf signifikan α 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung sebesar = 2,495404 > ttabel 2,00712 dengan taraf signifikan α 0,05. Maka dengan demikian H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap keterampilan menulis puisi kelas X SMA Negeri 3 Tangerang. Selanjutnya penghitungan effect size diperoleh 0,621237 hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap kemampuan menulis puisi memiliki pengaruh yang baik. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Y., Mulyati, & Yunansah. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers. Dalman. (2015). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers. Dalman. (2015). Penulisan Populer. Jakarta: Rajawali Pers. Faizi, M. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: DIVA Press. Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media. Saputra, E. D. I. (2014). Oleh : IV(1), 70–89. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukardi, E. (2012). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Uhamka Press. Sutama, I. made. (2016). Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rosdiana, D., & Pd, M. (n.d.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SISWA SEBAGAI FASILITATOR DAN PENJELAS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOSAR MALIGAS TAHUN PEMBELAJARAN 2013201.pdf. Rully, I., & Yaniawati, P. (2016). Metoodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Campuran. Bandung: Refika Aditama. Yamin, M. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press. Yenti, G., Pd, S., Pd, M., Susanti, D., & Pd, S. (2014). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 4 Oleh. citation: Larasati, Duwi dan Rahmayanti, Indah (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14194/1/FKIP_PBSI_1601045036_DUWI%20LARASATI.pdf