TY - THES M1 - bachelor ID - repository14194 A1 - Larasati, Duwi A1 - Rahmayanti, Indah PB - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap keterampilan meulis puisi siswa SMA Negeri 3 Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan design Posttest-Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Uji normalitas hasil tes menggunakan liliefors. Pada kelas eksperimen Lhitung 0,079 < Ltabel 0,161 sedangkan pada kelas kontrol Lhitung 0,126 < Ltabel 0,161. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya tes di uji homogenitasnya dengan menggunakan Fisher. Data yang diperoleh Fhitung 1,64 < Ftabel 1,84 dengn taraf signifikan ? 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung sebesar = 2,495404 > ttabel 2,00712 dengan taraf signifikan ? 0,05. Maka dengan demikian H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap keterampilan menulis puisi kelas X SMA Negeri 3 Tangerang. Selanjutnya penghitungan effect size diperoleh 0,621237 hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap kemampuan menulis puisi memiliki pengaruh yang baik. Y1 - 2020/// AV - public TI - Pengaruh Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tangerang UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14194/ ER -