eprintid: 14193 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/93 datestamp: 2022-05-07 02:34:10 lastmod: 2022-06-17 04:03:22 status_changed: 2022-05-07 02:34:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Baskoro, Bimo Adi creators_name: Mawani, Sri creators_id: bimocancer@gmail.com title: Pengaruh Model Pembelajaran Debat terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Pada Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas V DI SDN Ciracas 05 Pagi, Jakarta Timur. ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan model Pembelajaran Debat terhadap Kecerdasan Emosional Siswa pada pembelajaran tema. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desainnya adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Ciracas 05 Pagi dengan jumlah 62 peserta didik,teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu angket tertutup dan bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Uji normalitas keterampilan berbicara Bahasa Indonesia peserta didik menggunakan uji One Sample Kolomogorov – Sminov. Dari hasil perhitungan normalitas untuk kelompok yang menggunakan model pembelajaran debat diperoleh data asymp.sig untuk kelas eksperimen sebesar 0,200. Sedangkan pengujian untuk kelas kontrol diperoleh data asymp.sig 0,200. Data dinyatakan berdistribusi normal jika signifikasi lebih besar dari 5% atau 0,05 Asymp.sig > 0,05. Maka dengan demikian populasi bersdistribusi normal. Uji homogenitas Kecerdasan Emosional Siswa menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung = 1,13 < Ftabel = 1,84. Karena Fhitung < Ftabel(0,05;31;29) maka dapat disimpulkan bahwa sampel kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol mempunyai kondisi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,7158 > ttabel = 2,000 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran debat terhadap kecerdasan emosional siswa pada materi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia kelas V di SDN Ciracas 05 Pagi, Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adiningtiyas Wahyuni Sri. 2015. "Hubungan Kecerdasan Emosi dengan penyesuaian diri siswa di Sekolah. University of Riau 91-96 Arikunto, Suharsimi. 2019. “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.” in Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Ayu Gusti, Garminah nyoman dan Suartama kadek (2016). Penerapan model pembelajaran debate aktif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Yogyakarta : Universitas pendidkan ganesha. Andang,dkk. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Budi Utama Badriyah, Siti (2015). Model pembelajaran debate. Burhan Wirman.2016.Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila Dan Undang Undang Dasar 1945. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada. Citra,ari (2013). Kecerdasan Emosi dari Pandangan Daniel Goleman. (Sugiyono, 2015), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta Darmadi,H.2017. Pengembangan dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman : Budi Utama Daryanto&Karim Syaiful.2017.Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media Departemen pendidikan Indonesia (1991:232 ). Kamus besar bahasa Indonesia online. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. Goleman, Daniel. 1997. “Teori Kecerdasan Emosianal (emotional Intelligence).” Goleman, D. (1997). Teori Kecerdasan Emosi. Goleman Daniel (2001). Emotional Intelligence( Mengapa EI lebih penting daripada IQ).(Edisi. Cetakan ke-26). Terjemahan oleh T.Hermaya. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Gulinda, B. 2012. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd Negeri Donan 5 Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap.” 9–49. Hakim Suparlan.2016. Pendidikan Kewarganegaraan.Malang:Madani Kelompok Intrans Publishing. Ii, B. a B. 2003. “A . Kecerdasan Emosional.” Wq wq(qwwqwqwq):11–38. Kurniasih&Sani.2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran : Kata Pena Kusdiwelirawan.2014. Statistik Pendidikan.Jakarta:Uhamka Press Latifah, ‘Ainiyatul. 2018. “Kecerdasan Santri Tunanetra dalam Menghafal Al-Qur’an.” Skripsi 15–57. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Prawitasari, E Johana (1998). Kecerdasan Emosi . Yogyakarta : Universitas gajah mada Rustiana, R Eunike (2016). Upaya meningkatkan kecerdasan emosi melalui pendidikan jasmani dan rohani. Semarang : universitas negeri semarang. Wulandari Rina (2013). Uji Validitas ukur kecerdasan emosi (the emotional competence inventory 2.0). Jakarta: Fakultas Psikologi UIN Jakarta. citation: Baskoro, Bimo Adi dan Mawani, Sri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Debat terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Pada Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas V DI SDN Ciracas 05 Pagi, Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14193/1/FKIP_PGSD_1601025047_BIMO%20ADI%20BASKORO.pdf