eprintid: 14189 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/89 datestamp: 2022-05-07 02:33:59 lastmod: 2022-06-17 04:01:07 status_changed: 2022-05-07 02:33:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Budiasih, Arum creators_name: Abdullah, Kusmajid creators_id: arumbudia21@gmail.com creators_id: cak_kuze@uhamka.ac.id title: Perbedaan Model Inside Outside Circle (IOC) Dengan Model Visuallization Auditory Kinestetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di SDN Manggarai 09 Pagi. ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Perbedaan Model Inside Outside Circle (IOC) Dengan Model Visuallization Auditory Kinestetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di SDN Manggarai 09 Pagi pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabiltas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,92 > 0,433, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen I IOC Lo < Lt yaitu 0,136 < 0,181 dan Kelas Eksperimen II VAK Lo < Lt yaitu 0,115 < 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data distribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu yaitu 2,07 ≤ 2,38, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh . Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model IOC dengan model VAK terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Manggarai 09 Pagi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang : Unissula Press. Ananda Rusydi dan Muhammad Fadhli. (2018). Statistika Pendidikan Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan. CV. Widya Puspita. Anshori, Shodiq. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos Vol. III No. 02. Awal, Raudhah, Sutriana. Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetic) Berbasis Lingkungan Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X SMAN 13 Pekanbaru T.A. 2016/2017. Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 1. Endayani, Henni. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol. 1 No. 01 Fathurrohman, Muhammad (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta : Garudhawaca. Fitriana, Faisal Azmi. (2017) Jurnal Karateristik Siswa Kelas IV SD. Fitrina, Yuni. (2017) Pengaruh Model Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPS di SDN 08 Siteba Padang. Khuluqo, Ihsana El. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Kristin, Firosalia. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Vol. 2 No. 1. Lestari, Nurwahida Ayu. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN Kwala Begumit Binjai. Miftahuddin. (2016) Revitalisasi IPS Dalam Penelitian Global. Jurnal Tribakti Vol. 2 No. 02. Muhthoharoh, Nurul Badriyatul. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif “Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal SAP. Vol. 2 No. 1. Nai, Firmina Angela. (2017). Teori Belajar Dan Pembelajaran Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP, SMA, dan SMK. Yogyakarta : Deepublish. Nurdin Ismail, Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendekia. Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hail Belajar Siswa. Jurnal Misykat. Vol. 03 No. 01. Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika. Priansa, Doni Juni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran : Bandung : Pustaka Setia. Rahmawati. Novia Dini, dkk. Efektivitas Visuallization Auditory Kinestetic dan Two Stay Two Stray Berbantuan Lectora Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 No 02. Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta. Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia. Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metoologi Penelitian . Yogyakarta : Literasi Media Publishing. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta. Surahman, Edy dan Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial SMP. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 4. No. 01. Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana. Sutikno, Sobry.(2014). Metode dan Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok : Holistica. Syahputra, Edy. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi : Haura Publishing. Taufik, Ahmad. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. Jurnal el-Ghiroh. Vol XVI. No. 01. Thobroni, Muhammad. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Trisnawati, Dwi Inayah, Iman Sujadi, Yemi Kuswardi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Delanggu. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi. Vol. II No. I. Wibowo, Agus Tri. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Metro Barat. Yuliana, Lisa, Ikbal Barlian, Riswan Jaenuddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Profi Vol 5 No 01. citation: Budiasih, Arum dan Abdullah, Kusmajid (2020) Perbedaan Model Inside Outside Circle (IOC) Dengan Model Visuallization Auditory Kinestetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di SDN Manggarai 09 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14189/1/FKIP_PGSD_1601025046_ARUM%20BUDIASIH.pdf