eprintid: 14187 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/87 datestamp: 2022-05-07 02:33:57 lastmod: 2022-06-17 03:55:46 status_changed: 2022-05-07 02:33:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Noviani, Anita creators_name: ninawati, mimin creators_id: Anitanoviani96@gmail.com creators_id: miminninawati30@gmail.com title: Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Mustikasari 2. ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi dalam bentuk permainan monopoli berbasis kontekstual untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, serta mengetahui kualitas produk ini yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D dengan empat tahap yaitu: 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) disseminate (penyebarluasan). Media ini di uji cobakan kepada 30 siswa kelas V SDN Mustikasari 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media monopoli yang telah dikembangkan berdasarkan ahli media mendapatkan skor persentase sebesar 94% dengan kategori sangat valid, selanjutnya hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan skor persentase sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Uji pengembangan yang dilakukan pada 4 orang siswa kelas V mendapatkan skor persentase sebesar 84% dan uji yang dilakukan kepada 30 siswa kelas V di SDN Mustikasari 2 sebesar 88% dengan kategori sangat baik karena peserta didik sangat tertarik pada media Monopoly Smart Games. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa pengembangan media monopoli berbasis kontekstual materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPS. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2 (1), 103. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50 Ahmadi, I. K., & Amri, S. (2011). Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu (D. Haryanto (ed.)). Prestasi Pustaka Publisher. Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. In Prenadamedia Group. Prenadamedia Group. Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Endayani, H. (2017). Pengembangan materi ajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 92–110. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/1158/922 Hidayah, D. N. (2016). Upaya Meningkatkan Sikap...Destrianita Noor Hidayah, Fkip Ump, 2016 7. 24. Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. JANNAH, M., & JULIANTO, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 128. Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 124. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14 Minawati, M., & Handayani, L. (2020). Pelatihan Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Tanjung Sari Melalui Permainan Edukatif Sederhana pengelolaan pembelajaran dimulai dari perencanaan , pelaksanaan , hingga pada Proses pembelajaran yang sudah dikelola atau direncanakan oleh guru mulai da. 09(01), 231–238. Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. In PT Rajagrafindo Persada (2nd ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. http://digilib.uinsby.ac.id/6464/2/Bab 1.pdf Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 2, 5. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949 Primasari, R., & Herlanti, Y. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 71. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101 Purwanto, M., Sari, I. M., & Husna, H. N. (2012). Implementasi Permainan Monopoli Fisika Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Mengetahui Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 69. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.241 Rohman, M., & Amri, S. (2013). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran (M. Jauhar (ed.)). Jakarta: Prestasi Pustakarya. Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Septiyan, G. D. (2017). Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 107. https://doi.org/10.23819/mimbarsd. v4i1.5547 Suciati, S., Septiana, I., Fita, M., & Untari, A. (2016). Efektivitas Media Monopoli Berbahasa ( Monosa ) Dalam. 3(2), 140. https://doi.org/10.17509/mimbarsd. v3i2.4253 Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (2016th ed.). Bandung: Alfabeta. Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (D. Sumayyah (ed.); 4th ed.). Bandung: PT Refika Aditama. Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2018). Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi. Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika (I. Komariah & D. Nurjamal (eds.)). Bandung: Alfabeta. Syamsiyah, S., R, S. U., Sutono, Sadiman, S., Sutrisno, & Kharis, A. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. In E. Kusyani (Ed.), Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (Vol. 53, Issue 9). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu (7th ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara. Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Al- Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 11 nomor 1(Januari-Juli), 138. Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS (R. KR (ed.)). Yogyakarta: Ar- Ruzz Media. Widiasworo, E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif (Nurhid (ed.)). Ar- Ruzz Media. Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Research And Development (R&D) (R. A. Kusumaningtyas (ed.); 1st ed.). pt. Cahaya Prima Sentosa. citation: Noviani, Anita dan ninawati, mimin (2020) Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Mustikasari 2. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14187/1/FKIP_PGSD_1601025044_ANITA%20NOVIANI.pdf