%D 2020 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi dalam bentuk permainan monopoli berbasis kontekstual untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, serta mengetahui kualitas produk ini yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D dengan empat tahap yaitu: 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) disseminate (penyebarluasan). Media ini di uji cobakan kepada 30 siswa kelas V SDN Mustikasari 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media monopoli yang telah dikembangkan berdasarkan ahli media mendapatkan skor persentase sebesar 94% dengan kategori sangat valid, selanjutnya hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan skor persentase sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Uji pengembangan yang dilakukan pada 4 orang siswa kelas V mendapatkan skor persentase sebesar 84% dan uji yang dilakukan kepada 30 siswa kelas V di SDN Mustikasari 2 sebesar 88% dengan kategori sangat baik karena peserta didik sangat tertarik pada media Monopoly Smart Games. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa pengembangan media monopoli berbasis kontekstual materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPS. %T Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Mustikasari 2. %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %L repository14187 %A Anita Noviani %A mimin ninawati