eprintid: 14186 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/86 datestamp: 2022-05-07 02:33:54 lastmod: 2022-06-17 03:52:31 status_changed: 2022-05-07 02:33:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Handayani, Nia creators_name: Nurwahyuni, Nurwahyuni creators_id: Niahandayani372@gmail.com creators_id: nurwahyuni@uhamka.ac.id title: Hubungan Bentuk Kepribadian dengan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa di Kelas VI SDN Gedong 10 Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bentuk kepribadian dengan kemampuan menjalin relasi pertemanan pada siswa siswi sekolah dasar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Terdapat hubungan yang signifikan antara bentuk kepribadian dengan kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa”. Penelitian ini dilakukan di SDN Gedong 10 Jakarta Timur pada kelas VI, tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti menggunakan sampel jenuh, sehingga seluruh siswa dikelas VI dengan jumlah 35 siswa dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode survei dan instrumen penelitian menggunakan angket untuk kedua variabel. Dengan jumlah item masing-masing angket sebanyak 40 butir. Variabel bentuk kepribadian menggunakan skala gutman dengan skor 1-0. Pengujian validitas bentuk kepribadian ini menggunakan rumus korelasi point biseral. Variabel kemampuan menjalin relasi pertemanan menggunakan skala likert dengan skor 5,4,3,2,1 dan menggunakan rumus person produc moment. Data yang sudah valid diolah kembali dengan pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha. Jumlah item valid untuk kedua angket masingmasing sebanyak 30 butir. Uji normalitas bentuk kepribadian di uji menggunakan uji lilifors. Dari perhitungan rumus tersebut, data bentuk kepribadian diperoleh nilai Lhitung = 0,128 dan Ltabel = 0,150 dengan taraf signifikan α = 5% (Lhitung < Ltabel ), maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Perhitungan data kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa Lhitung = 0,149 dan Ltabel = 0,150 dengan taraf signifikan α = 5% (Lhitung < Ltabel ), maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Persamaan regresi penelitian ini adalah Ŷ = 69,82 + 1,34X. Pengujian kelinieran regresi dengan menggunakan Analisis Varians (ANAVA) di dapat Fhitung = 0,057dan Ftabel 2,26 (Fhitung < Ftabel ) , maka regresi linier. Untuk pengujian keberartian regresi di dapat Fhitung = 17,35 dan Ftabel = 4,14 (Fhitung > Ftabel ) maka regresi signifikan. Untuk uji hipotesis, menggunakan uji-t. Dan diperoleh thitung = 4,165 dan ttabel = 1,6957 (thitung > ttabel ) maka H0 ditolak atau dengan kata lain H1 diterima sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara bentuk kepribadian dengan kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa. Perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,3445 artinya, bentuk keperibadian memberikan kontribusi untuk kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa sebesar 34,45%. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul, M. (2006). Kepribadian Dalam Psikologi. PT.Raja Grafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=PcllNAAACAAJ&dq=Kepribadian+Dal am+Psikologi+Islam+Mujib+abdul&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjPjsPb7J_ qAhU_63MBHUFrA1YQ6AEwAHoECAAQAQ Antonius, A. G., Panca, yuni wulandari antonina, & Yohanes, B. (2003a). Relasi dengan sesama. In Relasi dengan Sesama (p. 13). PT Gramedia. https://books.google.co.id/books?id=WKgD2WnOY0gC&pg=PR3&dq=Rela si+dengan+sesama+antonius+atosokhi&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwj_5uL C7prqAhUN63MBHd1jAB4Q6AEwAHoECAMQAg#v=onepage&q=Relasi dengan sesama antonius atosokhi&f=false Arikunto. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. https://www.google.co.id/search?tbm=bks&hl=en&q=Dasar+dasar+Evaluasi +PENDIDIKAN+ARIKUNTO Astuti, S. P. (2015). PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA. PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA, 68–75, 71. Azzet, akhmad M. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Anak. Ar- Ruzz Media Group. https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&tbm=bks&ei=sLz0Xu7 9PLHVz7sPtoK3iAY&q=mengembangkan+kecerdasan+sosial+bagi+anak+a khmad+muhaimin+2010&oq=mengembangkan+kecerdasan+sosial+bagi+an ak+akhmad+muhaimin+2010&gs_l=psy-ab.3...18972.43816.0.44054.65. Darmadi. (2018). Prilaku dan Pesona Pribadi (guepedia (ed.)). guepedia. https://books.google.co.id/books?id=- aFqDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Perilaku+dan+pesona+pribadi+ +dr+h+darmadi&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjypoiHrJ3qAhWJ7HMBHY EUDoIQ6AEwAHoECAEQAg#v=onepage&q=Perilaku dan pesona pribadi dr h darmadi&f=false H.I.Holding Sdn. Bhd. (2003). Kamus Bahasa Melayu Nusantara. Selangor. https://www.google.co.id/search?tbm=bks&hl=en&q=h.I.Holding+Sdn.Bhd+ 2003+kamus+bahasa+melayu+nusantara Hall, C. S., & Lindzey, G. (1993). Psikologi Kepribadian 3 : Teori-Teori Sifat dan Behavioristik (Supratiknya (ed.); p. 24). Kanisius. https://doi.org/159.9.01 Hal piii Hartono. (1980). Teori kepribadian. Alumni. https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&tbm=bks&ei=TBn2Xu DRMI7hz7sP8IuVsAg&q=teori+kepribadian+hartono+1980&oq=teori+kepr ibadian+hartono+1980&gs_l=psyab. 3...17453.18763.0.19017.5.5.0.0.0.0.112.485.4j1.5.0....0...1c.1.64.psyab.. 0.0.0....0.LYbKo Ihromi, T. . (1999). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga (1st ed.). Yayasan Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=0kZdp- HQ3y0C&printsec=frontcover&dq=Bunga+Rampai+sosiologi+keluarga++ih romi&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwi9mK7aoZ3qAhWRdn0KHd4rD78Q6A EwAHoECAEQAg#v=onepage&q=Bunga Rampai sosiologi keluarga ihromi&f=false Indonesia, K. besar bahasa. (2002). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Balai pustaka. https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&tbm=bks&ei=dbj0Xsa WD5b0rAHF65ToCg&q=kamus+besar+bahasa+indonesia+judul+pusat+bah asa+departemen+pendidikan+nasional+2002&oq=kamus+besar+bahasa+ind onesia+judul+pusat+bahasa+departemen+pendidikan+nasional+200 Littauer, florence. (1996a). Personality plus. Binapura Aksara. https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&tbm=bks&ei=Jxj2XtatJ LyU4- EP27q6oAI&q=personality+plus+1995+Florence+littauer&oq=personality+ plus+1995+Florence+littauer&gs_l=psyab. 3...9199.22670.0.23197.23.23.0.0.0.0.270.2417.14j7j1.22.0....0...1c.1.64. Mardalis. (1990). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara. https://www.google.com/search?tbm=bks&q=metode+penelitian+suatu+pen dekatan+proposal+mardalis Naisaban, L. (2003a). psikolog Jung. PT Gramedia. https://books.google.co.id/books?id=ZhEbywAACAAJ&dq=psikolog+jung+ ladislaus+naisaban+2003&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjWra_OjZ3qAhW H7nMBHUU3DcAQ6AEwAHoECAEQAQ Nestor, R. T. (2010). Tes kepribadian (Andiek Kur). PT Tangga Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=SqpuzVUunggC&printsec=frontcover& dq=tes+kepribadian+tambunan+nestror+rico&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEw j735L_haTqAhWa7XMBHYzGBmEQ6AEwAHoECAQQAg#v=onepage&q =tes kepribadian tambunan nestror rico&f=false Nursyamsi, N. (2014). Pengembangan Kepribadian Guru. In Al-Ta’Lim (Vol. 21, Issue 1). Pt Macanan Jaya Cemerlang. https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.70 Riduwan. (2008a). Belajar Mudah Penelitian. Alvabeta. https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&tbm=bks&ei=2FH4Xv D6LoKm9QPM5rzoDw&q=Psikologi+Belajar+dalam+prespektif+islam+sop latin+popi&oq=Psikologi+Belajar+dalam+prespektif+islam+soplatin+popi& gs_l=psy-ab.3...12427.17068.0.17299.14.14.0.0.0.0.449.16 Rohman, Y. N. (2016). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN MENJALIN RELASI PERTEMANAN. PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN MENJALIN RELASI PERTEMANAN, 1, 13. Sastrowardoyo, I. (1991). Teori Kepribadian Rollo May. Balai pustaka. https://books.google.co.id/books?id=1qemtAEACAAJ&dq=Teori+Kepribadi an+Rollo+May&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwin9pfy4J_qAhUUA3IKHWl VDrkQ6AEwAHoECAAQAQ Sopiatin, P. (2011a). Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Ghalia Indonesia. https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&tbm=bks&ei=2FH4Xv D6LoKm9QPM5rzoDw&q=Psikologi+Belajar+dalam+prespektif+islam+sop latin+popi&oq=Psikologi+Belajar+dalam+prespektif+islam+soplatin+popi& gs_l=psy-ab.3...12427.17068.0.17299.14.14.0.0.0.0.449.16 Sudjana. (2001a). Metode Statistika. Tarsito. https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&tbm=bks&ei=pP75Xv2 VL-vgz7sPlaKSAQ& q=Sudjana+Metode+statistika&oq=Sudjana+Metode+statistika&gs_l=p syab. 3..0i19k1.396888.412459.0.412866.31.26.1.4.4.0.334.3189.6j12j2j1.21.0.. ..0...1c.1.64.psy-ab..7.7.716. Sugiono. (2010a). Metode Peenelitian Pendidikan. Alfabeta. https://www.google.com/search?safe=strict&tbm=bks&sxsrf=ALeKk02Wlg EdRxXFAE6wDHL1- ZTYQOOQ1A%3A1593439119950&ei=j_P5XvTQOdT39QOc65mIBw&q =metode+penelitian+pendidikan+sugiyono&oq=metode+penelitian+pendidi kan++sugi&gs_l=psy-ab.1.0.0.10233.10554.0.12568.3.3.0. Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. https://www.google.com/search?safe=strict&tbm=bks&sxsrf=ALeKk01e8Q xmCbXdbOkhAf_nCb-j- NaUqQ%3A1593439135783&ei=n_P5Xpa5L8K2rQGzsLzYAg&q=Teori+d an+Aplikasi+Metode+Penelitian+Sumanto&oq=Teori+dan+Aplikasi+Metod e+Penelitian+Sumanto&gs_l=psy-ab.3...379766.6554 Suryabrata, S. (2010a). psikologi Kepribadian. Rajawali. https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&tbm=bks&ei=fhD2XrS YKvyC4- EP9oyniAM&q=psikologi+kepribadian+2010+suryabrata+sumadi&oq=psik ologi+kepribadian+2010+suryabrata+sumadi&gs_l=psyab. 3...3840.10324.0.11432.18.18.0.0.0.0.187.1823.5j11.16.0....0... Suwarjo. (2008). Konseling Teman Sebaya (PEEROOUNSELING) untuk Mengembangkan Resiliensi Remaja. Universitas Negri Jogjakarta. https://www.google.co.id/search?safe=strict&hl=en&tbm=bks&ei=QcT0Xq2 1OfG1mgfzjKnoAg&q=Konseling+teman+sebaya+peeroounseling+untuk+ mengembangkan+resiliensi+remaja&oq=Konseling+teman+sebaya+peeroou nseling+untuk+mengembangkan+resiliensi+remaja&gs_l=psy-ab.3. citation: Handayani, Nia dan Nurwahyuni, Nurwahyuni (2020) Hubungan Bentuk Kepribadian dengan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan Siswa di Kelas VI SDN Gedong 10 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14186/1/FKIP_PGSD_1601025043_NIA%20HANDAYANI.pdf