%A Gita Dwi Utami %A Zulfadewina Zulfadewina %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %X Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media Adobe Flash terhadap hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah di kelas V SDN Batu Ampar 11 Jakarta Timur pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment Design. Sampel yang digunakan adalah sampe jenuh. Uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu , maka data tersebut memiliki instrumen yaitu Reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji prasyarat yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas Eksperimen L0 < L1 yaitu 0,1177 < 0,1738 dan kelas Kontrol L0 < L1 yaitu 0,1356 < 0,1809, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi Normal. Sedangkan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1.791 ≤ 1.984. Maka dapat disimpulkan uji Homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi Homogen. Uji hipotesis yang digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel 3.488 > 2.011. Dengan demikian maka H0 ditoleh dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya penagruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi sistem peredaran darah berbasis software Adobe Flash. %L repository14185 %D 2020 %T Pengaruh Penggunaan Media Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Peredaran Darah di Kelas V SDN Batu Ampar 11 Jakarta Timur