eprintid: 14140 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/41/40 datestamp: 2022-04-27 03:42:27 lastmod: 2022-06-28 07:53:22 status_changed: 2022-04-27 03:42:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Jannah, Aulia Rondhotul creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Kesantunan Berbahasa Pada Kumpulan Film Pendek Hikayat Karya Siswa Kelas X IPS SMA NEGERI 48 JAKARTA ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 88201 abstract: Komunikasi dengan lawan tutur harus menggunakan bahasa yang santun. Kesantunan Berbahasa Berbahasa Merupakan aspek penting saat berinteraksi dengan mitra tutur. Apalagi dalam dunia pendidikan, kesantunan berbahasa memiliki peran penting dalam kemampuan berbahasa siswa. Film sebagai media ajar dapat digunakan pendidik untuk menyampaikan pengajaran kesantunan berbahasa. Tujuan penulis adalah mendeskripsikan dan mengetahui bentuk kesantunan berbahasa yang terdapat dalam film pendek hikayat karya siswa. Manfaat dari penelitian meliputi dual hal, yang pertama meberikan wawasan tentang kesantunan berbahasa terhadap pemebelajaran bahasa Indonesia di SMA N 48 JAKARTA dan dapat memberikan sumber referensi baru untuk penelitian selanjutnya. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskripsi. Dalam penelitian ini berupaya menganalisis kesantunan berbahasa yang terdapat dalam dialog film pendek hikayat karya siswa X IPS SMA N 48 JAKARTA. Metode yang dilakukan teknik simak, transkrip dialog dari film, teknik catat setelah mendapatkan data, penulis mencatat hasil temuan kesantunan berbahasa dalam dialog, tahap terakhir penulis menyimpulkan hasil dari data keseluruhan. Hasil menunjukan bahwa dari 5 film pendek hikayat karya siswa X IPS terdapat 42 data yang diperoleh penulis, berupa pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Film 1: Putri Pandan Berduri X IPS 3 terdapat 8 data yang pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dan 1 data melanggar prinsip kesantunan berbahasa. Film 2: Anak Yang Boros X IPS 1 terdapat 8 data yang pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dan 1 data melanggar prinsip kesantunan berbahasa. Film 3: Ikan Pesut X IPS 1 terdapat 4 data yang pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dan 5 data yang melanggar prinsip kesantunan berbahasa. Film 4: Panji Semirang X IPS 2 terdapat 8 data yang mematuhi prinsip kesantunan berbahasa. Film 5: Batu Menangis X IPS 2 terdapat 1 data yang mematuhi prinsip kesantunan berbahasa dan 7 data yang melanggar prinsip kesantunan berbahasa. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Chaer, A. (2012). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta. Afrizal .(2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Sudarto, D. A. Senduk, J. Rembang, M. (2015). Analisis semiotika film alangkah lucunya negeri ini. Jurnal Acta Diurna, 4(1). Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta. Darmawati. (2019). Analisis Struktur Dalam Hikayat Aceh Manoe Ie Mata Karya TGK. Sofyan Mus. Serambi Kontruksi, 1(2). 2656-5781 Hendrastomo, G.C. (2016)Pengembangan Film Pendek Sebagai Media Penyampaian Bahan Ajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA Tahun Ajar 2015/2016. Jurnal Pendidikan Sosiologi,8. Pranowo .(2012). Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rulli indrawan, P.Y. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Refika Aditama. Hawa, M. (2017). Teori Sastra. Yogyakarta: CV Budi Utama. Tarigan, G. H. (1998). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Pranowo .(2009). Kesantunan berbahasa tokoh masyarakat: tinjauan pragmatik. Yogyakarta: USD. Arianti, K.N. (2016). Kesantunan Berbahasa Dalam Film Habibi & Ainun. Jurnal Humanis. 15(1). 2302-920X Kosasih, E. & Kurniawan, M.Pd.(2019). Jenis teks strategi pembelajaran di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya. Musyawir. (2017).Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG SIDENRENG RAPPANG. Jurnal Kesantunan Berbahasa, 1-16. Nadar, F.X. (2013). Pragmatik dan penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Emzir.(2015). Metodologi penelitian pendidikan kualitatif & kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Nurjamily. O.W.(2015). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Lingkungan Keluarga (Kajian Sosiopragmatik). Jurnal Humanika, 3(15). Mislikah. (2014). Kesantunan Berbahasa. International Journal of Islamic Studies, 1(2). Bintari, Kartika dan Sumarlan. (2019). Unsur Pembentuk Frasa Eksosentris dalam Hikayat Hang Tuah. Jurnal Bahasa, sastra dan pengajarannya,12(2). 2614-1716 Yulinda dan Hadiutomo. (2016-2017). Fungsi dan Situasi Danseigo oleh Tokoh Wanita dalam Anime Genshiken Nidaime Second Season. Japanology, 5(1). 90-102 Rokhman dan Cahyani. (2017). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar: Kajian Sosiopragmatik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 6(1). 44-52 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualittaif, dan RnD. Bandung: ALFABETA Mudjiono. (2011). Kajian Semiotika dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1). 2088-981X Rois dan Setyawan. (2017). Wujud Kesantunan Berbahasa Guru: Studi Kasus di SD IMMERSION PONOROGO. Jurnal Gramatika, 442-8485 Chaer, Abdul dan Agustin, Leoni. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta Rineka Cipta citation: Jannah, Aulia Rondhotul dan Ibrahim, Nini (2020) Kesantunan Berbahasa Pada Kumpulan Film Pendek Hikayat Karya Siswa Kelas X IPS SMA NEGERI 48 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14140/1/FKIP_PBSI_1601045119_AULIA%20RONDHOTUL%20JANNAH.pdf