eprintid: 14137 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/41/37 datestamp: 2022-04-27 03:41:47 lastmod: 2022-06-28 07:30:06 status_changed: 2022-04-27 03:41:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Faz, Ainur El creators_name: Sukardi, Sukardi creators_id: edy.sukardi@uhamka.ac.id title: Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD) ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada nya nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini adalah buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis teks. Data dalam penelitian ini dianalisisdengan cara membaca secara keseluruhan isi dongeng, menandai dan mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam dongeng. Langkah selanjutnya adalah menganalisis dan memberi simpulan hasil analisis nilai pendidikan karakter serta menyusun rancangan pembelajarannya di Sekolah Dasar (SD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer berjumlah lima nilai. Kelima nilai tersebut adalah religius,gotong royong, mandiri, integritas, nasionalis. Nilai pendidikan karakter tersebut hadir dengan berbagai cara. Ada yang tampak melalui ucapan atau perkataan tokoh, ada yang hadir melalui peristiwa yang terjadi dalam dongeng, dan ada juga yang tampak melalui perilaku atau perbuatan tokoh. Nilai pendidikan karakter yang paling baik dijadikan bahan ajar bahasa dan sastra adalah nilai pendidikan karakter yang hadir lewat perilaku tokoh. Hal tersebut akan memudahkan siswa dalam menginterpretasi nilai yang terkandung dalam dongeng sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer dapat dibuat rancangan pembelajarannya sebagai alternatif bahan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar (SD), khususnya kelas rendah yaitu kelas I, II dan III. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1). Ardan, Fatmawaty. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika pada Kelas VIII. SMP Negeri 2 Sungguminasa. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Alauddin: Makassar Ardini, P. P. (2012). Pengaruh dongeng dan komunikasi terhadap perkembangan moral anak usia 7-8 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). Aw, S. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Tayangan” Mario Teguh Golden Ways”. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). Barnawi, & Arifin, M. (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Chaer, Abdul. (2017). Dongeng Betawi Tempo Doeloe. Jakarta: Masup Jakarta. Farida, S. (2016). Pendidikan karakter dalam prespektif islam. KABILAH: Journal of Social Community, 1(1). Fitroh, S. F., & Sari, E. D. N. (2015). Dongeng sebagai media penanaman karakter pada anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2). Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1 (1). Haji, S. (2015). Pembelajaran Tematik yang Ideal di SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1). Hapudin, M, S. (2019). Membentuk Karakter Baik Pada Diri Anak. Jakarta: Tazkia Press. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-V. Kurniawan, H. (2016). Kreatif Mendongeng Untuk Kecerdasan Jamak Anak. Jakarta: Prenada Media. Mardikarini, S., & Suwarjo, S. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). Moleong Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mu;in, F. (2014) Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Narwati, S. (2014). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia. Wahana, P., & Hum, M. (2004). Pustaka Filsafat Nilai Etika Aksiologis Max Scheler. Kanisius. Parmono, R. (1999). Konsep nilai kemanusiaan di dalam filsafat Jawa. Jurnal Filsafat, 1(1). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Prima Gusti Yanti, P. G. Y. MUATAN BUDAYA DALAM DONGENG BIDADARI. MUATAN BUDAYA DALAM DONGENG BIDADARI. Putera, P, B. (2015). Mengenal dan Memahami Ragam Karya Prosa Lama. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sahlan, A & Prastyo, A, T. (2014). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Sayono, J., & Nafi’ah, U. (2017). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Gagak Rimang. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 9(2). Suhardi, S. (2018). Nilaii-Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Putra Lokan. Lingua, 14(1). Rumah, P. P. D. H. L., & Saring, T. D. T. C. (2011). A. Metode Penelitian. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Winarsah. (2019). Pendidikan Karakter Bangsa. Tangerang: Loka Aksara. Youpika, F., & Zuchdi, D. (2016). Nilai pendidikan karakter cerita rakyat Suku Pasemah Bengkulu dan relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra. Jurnal Pendidikan Karakter, (1). citation: Faz, Ainur El dan Sukardi, Sukardi (2020) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Dongeng Betawi Tempo Doeloe karya Abdul Chaer dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14137/1/FKIP_PBSI_1601045109_AINUR%20EL%20FAZ.pdf