eprintid: 14126 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/26 datestamp: 2022-04-25 01:13:41 lastmod: 2022-06-17 03:47:38 status_changed: 2022-04-25 01:13:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anelia, Dea Rizkika creators_name: yamin, yamin creators_id: Rizkikadea@gmail.com title: Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Rendahnya hasil belajar pada materi dongeng di kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara yang disebabkan oleh Stretegi pembelajaran yang digunakan pendidik selama ini kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap pembelajaran dongeng pada peserta didik kelas 3 SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group PreTest-Posttest design. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 30 Soal pilihan ganda dengan hasil 25 soal valid dan 5 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,81 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji prasyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors diperoleh Pre-Test Lo < Lt yaitu 0,134 < 0,161, dan Post-Test Lo < Lt yaitu 0,150 < 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,52 < 1,86, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 23,95 > 2,045. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Acmel, Z. (2013). Pengaruh Model Pebelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dikelas V MIN Sinembah Desa Men Senembah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Amirullah. (2015). Populasi dan Sampel (Pemahaman, Jenis dan Teknik). 17. http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/PENELITIAN_PENDIDIKAN/BBM_6.pdf Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara. Aunurrahman. (2014). Belajar Dan Pembelajaran (9th ed.). Alfabeta. Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021 Hamiyah Nur, & Muhamad, J. (2014). Strategi Belajar Mengajar Dikelas (M. Jauhar (ed.); cetakan pe). Pustaka Raya. Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2). https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47 Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. 1(1). Khuluqo, I. El. (2017). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Pustaka Pelajar. Putera, P. B. (2015). Mengenal dan Memahami Ragam Prosa Lama (1st ed.). Graha Ilmu. Putri, E. W., Abdurahman, & Nursaid. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Kembali Dongeng Siswa. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 409–415. https://doi.org/10.31227/osf.io/mh6e3 Sufanti, M. (2014). Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (3rd ed.). Yuma Pustaka. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (21st ed.). Alfabeta. Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (1st ed.). PT Bumi Aksara. Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar (2nd ed.). PT Rajagrafindo Persada. Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM (14th ed.). Pustaka Pelajar. Suriansyah Ahmad, Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. (2014). Strategi Pembelajaran (1st ed.). PT Raja Persada. Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran (4th ed.). Prenadamedia Group. Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. 2(2), 115–123. Tim FKIP UHAMKA. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: UHAMKA Sari, anita komala. (2018) Unsur Karya Sastra Sekolah Sd. Youtube. di akses pada 18 April 2020. citation: Anelia, Dea Rizkika dan yamin, yamin (2020) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14126/1/FKIP_PGSD_1601025040_DEA%20RIZKIKA%20ANELIA.pdf