eprintid: 14124 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/41/24 datestamp: 2022-04-25 01:13:39 lastmod: 2022-06-28 07:12:20 status_changed: 2022-04-25 01:13:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aulia, Deyana Wanda creators_name: Puspitasari, Nur Aini creators_id: deyanawnd@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pemahaman Tes Potensi Akademik pada Calon Anggota Kepolisian di Reborn Private ispublished: pub subjects: L1 divisions: 88201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa dalam pemahaman Bahasa Indonesia calon anggota kepolisian dalam menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik materi Bahasa Indonesia di Reborn Private. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Kolerasi Point Biserial sebanyak 30 butir soal pilihan ganda dengan 28 butir soal valid dan 2 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung = 0,917 > 0,334 = rtabel, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel atau dapat dipercaya. Selanjutnya, data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Skewness-Kurtosis dengan rasio Skewness sebesar 0,375 dan rasio Kurtosis sebesar -0,902. Rasio Skewness dan Kurtosis berada di antara nilai -2 sampai dengan +2, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil penelitian dihitung berdasarkan skala pemahaman siswa, kemudian ditemukan bahwa terdapat 14 siswa berkategori pemahaman tinggi, 18 siswa berkategori pemahaman sedang dan 2 siswa berkategori pemahaman rendah. Penelitian ini membahas enam pokok bahasan, dari enam pokok bahasan tersebut diketahui bahwa pokok bahasan analogi verbal merupakan pokok bahasan yang dianggap mudah dan dapat dipahami oleh siswa, sedangkan pokok bahasan pengelompokan kata merupakan pokok bahasan yang dianggap sulit dikerjakan dan dipahami oleh siswa. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. __________. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Azwar, S. (2008). Kualitas Tes Potensi Akademik Versi 07A. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 12(2). Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. _______. 2015. Sintaksis Bahasa Indonesia Pendekatan Proses. Jakarta : Rineka Cipta. Djiwandono, S. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks. Hatta, R. H. (2015). Hubungan antara hardiness dengan burnout pada anggota polisi pengendali massa (dalmas) polrestabes bandung (Skripsi, Fakultas Psikologi (UNISBA)). Neolaka, A. (2016). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. ______________. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPYE-Yogyakarta. Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Calon Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca melalui Teka-Teki Silang (Penelitian Tindakan di Kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Puitika, 11(1), 82-93. Pratama, N. A., & Hermawan, C. (2016). Aplikasi Pembelajaran Tes Potensi Akademik Berbasis Android. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), 6(1). Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya. Sasmita, W. (2017). Update Paling Lengkap Drilling Semua Jenis Soal Psikologi dan TPA. Jakarta : PT. Grasindo. Siregar, S. (2018). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Sudijono. A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta. Rahmawati, Dyah, Sunaryo H,S, dan Widodo H.S. 2011. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Penelitian PAUDIA. Rahmawati, D., Sunaryo, H. S., & Widodo, H. S. (2011). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1(1), 1-12. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Uliyandari, M., Candra, I. N., & Sumpono, S. (2014). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu untuk Mata Pelajaran Kimia (Skripsi, Universitas Bengkulu). Yulihastin, Erma. 2009. Bekerja Sebagai Polisi. Jakarta : Erlangga. Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana. citation: Aulia, Deyana Wanda dan Puspitasari, Nur Aini (2020) Pemahaman Tes Potensi Akademik pada Calon Anggota Kepolisian di Reborn Private. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14124/1/FKIP_PBSI_1601045097_DEYANA%20WANDA%20AULIA.pdf