eprintid: 14123 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/23 datestamp: 2022-04-25 01:13:34 lastmod: 2022-06-17 03:44:08 status_changed: 2022-04-25 01:13:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizky, Nur Fahdilla creators_name: Kodri, Safrul creators_id: nurfahdillarizky@gmail.com creators_id: safrul_kodri@uhamka.ac.id title: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas 5D Melalui Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) di SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada siswa kelas VD di SDN Rambutan 03 Pagi, Jakarta timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kaloboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VD SDN Rambutan 03 Pagi berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VD SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta timur. Pada indikator “tekun dalam menghadapi tugas” meningkat, pada pra tindakan dengan hasil 57% kategori kurang dan pada siklus II 79% katogori baik. Pada indikator “ulet menghadapi kesulitan/tugas” pada pra tindakan 60% dalam kategori kurang dan pada siklus II 77% kategori baik. Pada indikator “menunjukkan minat belajar IPA” pada pra tindakan 66% kategori kurang pada siklus II 81% kategori baik. Pada indikator “senang belajar IPA” pada pra tindakan 56% kategori kurang dan pada siklus II 77% kategori baik. Pada indikator “berani berpendapat” pada pra tindakan 55% kategori kurang dan pada siklus II 76% pada kategori baik. Serta pada indikator “kerja sama dalam belajar IPA” pada pra tindakan 57% kategori kurang dan pada siklus II 80% kategori baik. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Dimiyati, & Mudjiono. (2015). Belajar Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. 5(2). Haryono. (2019). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Kepel Press. Hunaepi, H., Asy, M., Samsuri, T., & Sukaisih, R. (2014). Sains Teknologi Masyarakat Starategi , Pendekatan Dan Model. Mataram: Penerbit Duta Pustaka Ilmu. Karawasa, N., Jamhari, M., & Nurdin, M. (N.D.). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat ( STM ) Di Kelas III SDN Mire. 5(2), 64–73. Karwono H. Mularsih. (2018). Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers. Novianti, N. R. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. (1), 158–166. Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di Smkn 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 365. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V5i3.6490 Pranita, T., Warsiti, & Chamdani, M. (2019). Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Peningkatan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. 212, 55–59. Purwanto, N. (2013). Prinsip - Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset. Sakka. (2017). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Pada Materi Daur Air Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 10 Manurunge Kabupaten Bone. (2). Sardiman. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara. Wisudawati, A., & Sulistyowati, E. (2017). METODOLOGI PEMBELAJARAN IPA. Jakarta: Bumi Aksara. citation: Rizky, Nur Fahdilla dan Kodri, Safrul (2020) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas 5D Melalui Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) di SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14123/1/FKIP_PGSD_1601025039_NUR%20FAHDILLA%20RIZKY.pdf