eprintid: 14116 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 2304 dir: disk0/00/01/41/16 datestamp: 2022-04-25 01:13:14 lastmod: 2022-06-17 03:35:18 status_changed: 2022-04-25 01:13:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aryaudy, Puja creators_name: Sya'ban, Ali creators_id: ali_syaban@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geografi Indonesia Mata Pelajaran Ips Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kebon Jeruk 11 Pagi ispublished: pub subjects: H subjects: L1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Aplikasi Edmodo sebagai media Pembelajaran E-learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Kebon Jeruk 11 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020 Metode penelitian yang digunakan adalah E-learning dengan menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini kelas V-A dan V-B berjumlah 62 orang dengan teknik sampling jenuh atau disebut dengan istilah sensus. Instrumen penelitian adalah hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Uji validitas menggunakan Korelasi Poin Bisarial dengan 35 soal valid dari 40 soal yang diujikan. Uji reliabilitas menggunakan rumus K-R20 diperoleh rhitung 0,87 > rtabel 0,349. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Analisis persyaratan yaitu uji normalitas kelas eksperimen menggunakan uji Liliefors diperoleh Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0.134 ≤ 0.159, dan hasil perhitungan uji normalitas pada kelas kontrol Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0.112 ≤ 0.159, maka kedua sampel berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung ≤ Ftabel yaitu, 1,00 < 1,84 maka dapat disimpulkan bahwa data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 6,34 dengan ttabel = 2.00 pada α = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh Aplikasi Edmodo sebagai media pembelajaran E-learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Kebon Jeruk 11 Pagi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ainurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Alfabeta. Anugrah, R. P. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kota Baru VI Kota Bekasi. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Ariani, Y., & Helsa, Y. (2019). Desain Kelas Digital Menggunakan Edmodo dan Schoology (1st ed.). Yogyakarta: DEEPUBLISH. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2011). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian (Edisi ke-15). Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi ke-2). Jakarta: Bumi Aksara. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Edisi ke-20). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Endonesa. (2009). Media Pembelajaran. http://endonesa.wordpress.com/ajaran-Pembelajaran/mediapembelajaran/. Hadi, S. (2001). Metodologi Research. Universitas Gajah Madha, 224. Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran (Edisi ke-4). Jakarta: Bumi Aksara. Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Khotimah, K. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar di Tinjau dari Aktivitas Belajar. Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital (Edisi 1). Bogor: Ghalia Indonesia. Mutakin, A. (2004). Konsep Dasar Pengorganisasian Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Bandung: Bina Siswa. Mutia, I., & Leonard. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 12. Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sepriyadi. (2016). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, N. (2014). Dasar - dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Jakarta: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Edisi ke-22). Bandung: Alfabeta. Supardi. (2016). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication. Suriadhi, G., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. W. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Prenada Media Group. Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Prenada Media Group. Tasrif. (2008). Pengantar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Genta Press. Wirda. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Melakukan Instalasi Sound System Kelas XI Teknik Audio Video di SMKN 1 Kinali. Yudhi, M. (2010). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press. citation: Aryaudy, Puja dan Sya'ban, Ali (2020) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geografi Indonesia Mata Pelajaran Ips Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kebon Jeruk 11 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14116/1/FKIP_PGSD_1601025016_PUJA%20ARYAUDY.pdf